Denpasar (Metrobali.com)-

Sejumlah foto makro dengan obyek bunga, serangga dan binatang kecil lainnya dipamerkan di Griya Santrian Gallery, Sanur 13 hingga 30 November 2011. Menurut kurator pameran Iwan Darmawan, foto tersebut merupakan hasil kurasi dari penggiat foto makro yang menampilkan karyanya di jejaring sosial facebook.

Setelah terkumpul lebih dari 300 foto hasil karya 50-an fotografer. Lalu dikurasi dengan pertimbangan nilai seni, posisi, keunikan dan keragaman, “Artinya masih banyak yang baik namun tak bisa dilibatkan dalam pameran, karena keterbatasan tempat. Selain itu kurasi juga dilakukan lewat sistem langsung dengan pertimbangan yang sama.”

Pameran yang melibatkan dua komunitas fotografi, yaitu Denpasar Photographers Community (DPC) dan Bali Macro Photographers Community (BMPC) memamerkan 37 foto dari 29 fotografer. Pameran ini merupakan kegiatan tahunan dari Griya Santrian Gallery dalam kaitannya dengan acara Sanur Village Festival (SVF) yang tahun ini memasuki masa penyelenggaraan ke-enam. Tahun lalu, pameran bertajuk “Sunrise in Sanur”.

Kata Iwan, “Lewat teknologi sistem informasi yang semakin canggih, sehingga peserta pameran juga berasal dari Pontianak saudara Danniel Partogi. Dua peserta lainnya sedang berada di Singapura Alit Apriyana dan Gusti Yogiswara di Belgia.”

Menurut Ketua Umum SVF, Ida Bagus Sidharta Putra, tahun ini pihaknya menggandeng Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N), untuk mengapresiasi hal tersebut maka tema “Flower Fiesta” ditekankan pada semua kegiatan termasuk pameran foto ini.

Pendiri BMPC Ian Sumatika menyambut baik ide pameran ini, karena bisa memberi ruang apresiasi yang lebih nyata dari sekedar dipamerkan di jejaring sosial. Selain itu kita bisa lebih mengevaluasi kemampuan dengan melihat langsung foto dalam bentuk cetakan.

Uniknya, menurut Ian ada dua Doktor Fakultas Pertanian Universitas Udayana (Unud) juga lolos karyanya, “Setahu saya mereka berdua ini, memang menekuni fotografi makro sejak lama, disamping memahami betul tentang kehidupan serangga dan tumbuh tumbuhan.” Menurut Ian, DR.GN Alit Susanta Wirya SP, Magr dan Putu Sudiarta, SP, MSi, Ph.D sudah belajar tehnik makro sejak masih menuntut ilmu di Jepang.”

Baca Juga :
Monitoring Ketersediaan Sembako Ditengah Pandemi Corona, Patroli ke Super Market Diintensifkan

Ian juga menambahkan, Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra di tengah kesibukan, masih menyempatkan untuk hunting makro dan lolos kurasi untuk dipamerkan. Pembina Denpasar Photographers Community ini, memotret serangga kepik pelangi di atas bunga teratai.”

Pembukaan akan dimeriahkan dengan penampilan Bali Puisi Musik, sebuah band Blues dan Puisi yang terdiri dari Putu Indrawan, Tan Lioe Ie, Dek Ong, Kabe Gariyasa dan Yande Ardana. (sur)