Denpasar (Metrobali.com)-

Paros Art Gallery bekerjasama dengan Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta menggelar pameran seni rupa bertajuk “Sepuluh Perupa Memandang Bali”. Pameran yang dikuratori Wayan Jengki Sunarta tersebut akan digelar pada tanggal 29 Mei  hingga 2 Juni 2013 di Museum Seni Rupa & Keramik, Jl. Pos Kota No. 2 Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Sepuluh perupa Bali yang menampilkan karya-karyanya dalam pameran tersebut adalah I Made Kaek, I Made ‘Romi’ Sukadana, I Made Somadita,  I Wayan Linggih, I Wayan Arnata,  I Ketut ‘Kaprus’ Jaya, I Ketut Mastrum, I Ketut  ‘Kabul’ Suasana, I Nengah Sujena, dan Vinsensius Dedy Reru.

“Selain menampilkan pencapaian kreatif para perupanya, pameran ini adalah upaya-upaya mengritisi berbagai bentuk perubahan dan persoalan yang terjadi di Bali. Melalui karya-karyanya, mereka beropini sekaligus mengritisi Bali dari berbagai sisi,” ujar Wayan Jengki Sunarta.

Sementara itu, koordinator  pameran, I Made Kaek, mengatakan bahwa sepuluh perupa yang akan mempresentasikan karyanya di Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta, adalah perupa muda potensial yang tergabung dalam beberapa kelompok seni yang ada di Bali. Kendati masih muda usia, mereka telah mengantongi ‘jam terbang’ pameran yang cukup tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Selain berpameran, baik secara individu maupun berkelompok, mereka juga sering terlibat dalam pertukaran seniman (artist exchange) serta artist residency di luar negeri sebagai upaya memperluas khazanah pengalaman dan networking seni rupa,” papar Made Kaek.

Made Kaek berharap agar kerjasama seperti ini bisa berkelanjutan di masa mendatang, baik dengan Museum Seni Rupa & Keramik Jakarta maupun dengan lembaga lain di Indonesia. RED-MB

Baca Juga :
Panglima : TNI Jadi Sekjen KPK Harus Mundur