Tulungagung, Jatim, (Metrobali.com)

Ratusan warga yang tergabung dalam paguyuban Baruklinthing di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mendeklarasikan dukungan terhadap pencalonan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Pilpres 2024.

 

Dengan mengenakan kaos seragam bergambar Anies Baswedan dengan corak warna dasar kuning, mereka membacakan deklarasi dukungan dan kesetiaan untuk pemenangan Anies Baswedan menuju kursi RI-1.

 

“Ini (murni) inisiatif dari kawan-kawan lintas profesi untuk mendukung Pak Anies di Pilpres 2024 mendatang,” kata salah satu koordinator relawan Anies for President, Ahmad Syifa di Tulungagung, Minggu.

 

Deklarasi dukungan itu digelar di sebuah kafe komunitas di tepian Sungai Ngrowo, Desa Sembung, Tulungagung.

 

Seremoni digelar sederhana. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi dukungan untuk pencalonan Anies Rasyid Baswedan sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

 

Dalam pernyataan sikapnya, kelompok relawan yang menamakan diri sebagai Paguyuban Baruklinthing itu mengklaim telah memiliki jaringan relawan di 16 dari total 19 kecamatan yang ada di Tulungagung.

 

“Di 16 kecamatan ini yang sudah lengkap struktur pengurusnya. Sedangkan tiga kecamatan lain baru ada nama koordinator, namun kepengurusan masih dalam (proses) pembentukan,” terangnya.

 

Ahmad Syifa yang berlatar pensiunan pengawas sekolah itu menyampaikan, kesediaan para relawan di Paguyuban Baruklinthing mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 dilatarbelakangi oleh kesamaan pandangan terhadap rekam jejak Gubernur DKI Jakarta tersebut.

 

Anies dinilai sebagai sosok yang visioner, bersih dan memiliki jiwa kenegarawanan.

 

Simpati mereka tidak sebatas melihat kepemimpinan Anies saat menjabat sebagai gubernur saat ini, namun sejak mantan Rektor Universitas Paramadina itu menjabat menteri pendidikan era pemerintahan Joko Widodo periode 1.

Baca Juga :
Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-74, Polres Gianyar Gelar Baksos Tebar Bibit Ikan

 

“Kami sudah mengenal betul karakter kepemimpinan pak Anis, terutama saat beliau menjabat sebagai menteri pendidikan. Banyak ide-ide dan inovasi kebijakan beliau yang sangat berkontribusi dalam memajukan pendidikan,” timpal Subagyo, sekretaris Paguyuban Baruklinthing menimpali.

 

“Indonesia butuh sosok pemimpin yang bersih dan memiliki karakter kepemimpinan kuat untuk meneruskan kepemimpinan Pak Jokowi ini ke arah yang lebih baik lagi,” tandas Syifa.

Sumber : Antara