Ketua TP. PKK Ny. Seniasih Giri Prasta saat meresmikan Green House Vertikal Garden TJSP PLN-PKK dan membagikan masker di Kuta Selatan, Senin (10/5).

Mangupura, (Metrobali.com)

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta meresmikan Green House Vertikal Garden Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) PLN-PKK bertempat di Kantor Camat Kuta Selatan, Senin (10/5). Turut serta mendampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Ny. Rasniathi Adi Arnawa, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta beserta unsur tripika, Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Selatan Ny. Pendawati Gede Arta beserta anggota, perwakilan PLN Regional Bali. Kegiatan ini merupakan serangkaian program pembagian masker dari TP PKK Kabupaten kepada masyarakat di Kuta Selatan.

Dalam sambutannya Ny. Seniasih Giri Prasta menyampaikan apresiasi kepada Camat dan TP PKK Kecamatan Kuta Selatan serta pihak PLN Regional Bali atas keberadaan Green House Vertikal Garden yang berhasil dikembangkan di Kuta Selatan. Pihaknya sangat mensupport dan program ini agar dijadikan pusat edukasi belajar untuk ketahanan pangan urban farming dan penguatan Halaman, Asri, Teratur dan Indah (Hatinya) PKK di Kecamatan Kuta Selatan. “Untuk PKK nanti bisa berkolaborasi dengan Pokja-pokja yang ada, berkoordinasi dengan BPP Pertanian untuk mengembangkan Green House Vertikal Garden atau yang diberi nama sekolah sayur,” ujarnya.

Sedangkan berkaitan dengan kegiatan pembagian masker menurut Ny. Seniasih Giri Prasta merupakan program TP PKK untuk senantiasa mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat selalu patuh terhadap terhadap protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. “Kami akan bekerja keras dengan jajaran Tim Penggerak PKK untuk gotong royong mengajak masyarakat selalu mengikuti himbauan pemerintah. Mudah-mudahan dengan kedatangan kami di Kuta Selatan ini,  kecamatan-kecamatan lain bisa mengikuti apa yang menjadi gerakan kami dari TP PKK Kabupaten,” katanya

Baca Juga :
Menag ajak doakan Hasyim Muzadi

Sementara itu Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta mengucapkan terima kasih kepada Ny. Seniasih Giri Prasta selaku Ketua TP PKK Kabupaten Badung karena sudah hadir dan meresmikan Green House Vertikal Garden TJSP PLN-PKK di Kantor Camat Kuta Selatan.

Dikatakan Green House Vertikal Garden adalah kegiatan TJSP PLN yang dipakai untuk pusat edukasi tempat belajar “Hatinya” PKK dan urban farming ketahanan pangan terlebih di tengah pandemi saat ini. “Vertikal garden ini diberi nama sekolah sayur dan nantinya dimanfaatkan Tim Penggerak PKK untuk proses edukasi,” ujarnya.

Menurut Gede Arta proses edukasi ini sudah berlangsung sejak lama dalam proses belajar Hatinya PKK dimana sebenarnya ada tiga fase. “Fase pertama yaitu melakukan penanaman di tempat-tempat publik, karena di Kuta Selatan daerahnya berkapur, berbukit dan berpasir dan memiliki curah hujan yang rendah. Untuk itu taman vertikal garden ini sangat cocok di daerah selatan. Fase keduanya masyarakat mulai menanam di pekarangan rumahnya. Selanjutnya fase ketiga di luar/di telajakan rumah yang sering disebut sebagai lorong hijau. Terkait inilah Ibu Bupati melakukan kunjungan di Lingkungan Permata Nusa Dua,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembagian masker diawali di Pasar Adat Jimbaran yang diberikan kepada pedagang dan pelaku usaha. (RED-BN)