Keterangan foto: Ny Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, melakukan Monitoring program HATINYA PKK di Desa Beraban Kecamatan Kerambitan dan dilanjutkan di Kecamatan Selemadeg Timur,  Senin (31/5)/MB

Tabanan (Metrobali.com) –

Ny Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, melakukan Monitoring program HATINYA PKK di Desa Beraban Kecamatan Kerambitan dan dilanjutkan di Kecamatan Selemadeg Timur,  Senin (31/5).

Dalam pelaksanaan monitoring tersebut, TP PKK Kabupaten Tabanan bersinergi dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tabanan.

Turut hadir saat itu pengurus TP PKK Kabupaten Tabanan, Ketua GOW Kab. Tabanan beserta pengurus, TP PKK Kab. Tabanan, DPNA, Camat setempat, Ketua TP PKK Kec. Kerambitan dan Selemadeg beserta pengurus, serta Perbekel setempat.

HATINYA PKK merupakan program unggulan PKK berupa Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, sebuah gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman sekitar perumahan dengan tanaman-tanaman produktif. Antusiasme masyarakat pun terlihat turut meramaikan acara yang digelar guna mengembangkan program tersebut di masing-masing rumah tangga.

Apresiasi dan tanggapan positif disampaikan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua PKK terhadap kegiatan yang sedang berlangsung, di mana aktifitas ini dianggap mampu memberdayakan kreatifitas Ibu-ibu secara positif guna membantu memenuhi kebutuhan keluarga.

“Disini rumah contohnya sudah sangat bagus sekali. Jadi tiang harapkan Ibu-ibu Pokja III di Desa selaku Pembina HATINYA PKK lebih aktif lagi membantu pengembangan program ini,” ujar Ny. Rai Wahyuni Sanjaya usai mengunjungi tiga lokasi rumah percontohan dan rumah imbas Hatinya PKK di Desa Timpag.

Lokasi pertama yang dikunjungi di Desa Timpag, diantaranya, Rumah Imbas HATINYA PKK milik Ny. Abdi Sucipta, juga mengunjungi kebun milik IGA. Putu Eka Udayani, dilanjutkan menyambangi Rumah Percontohan Hatinya PKK milik  Ny. Gst. Made Sutarnya.

Baca Juga :
Hari Suci Soma Ribek Tengah Malam Sultan Dermawan AMD Selamatkan Bayi Malang Dibuang dalam Kardus, Beri Doa Keberkahan hingga Support Bantuan

Ia juga saat itu menekankan agar setiap warga yang rumahnya menjadi percontohan bisa mengamalkan lebih luas lagi dan selalu berkoordinasi dengan Pembina di Desa, Kecamatan bahkan Kabupaten, sehingga program ini kedepannya benaaar-benar menjadi program unggulan di Kabupaten Tabanan.

“Saya berharap kegiatan ini mampu dimanfaatkan dengan baik dan menjadi program unggulan kita tahun ini, terutama di situasi pandemi ini. Kalau rumah percontohan sudah sangat bagus sekali dan apabila rumah imbasnya bisa meniru, maka sangat luar biasa sekali,” imbuh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Tidak berhenti sampai disitu, Ny. Rai Wahyuni beserta rombongan melanjutkan kujungannya di Kecamatan Selemadeg Timur, tepatnya di Desa Beraban. Lokasi pertama yang dikunjungi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya di Desa Beraban, Rumah percontohan HATINYA PKK milik Marlina, kemudian rumah imbas milik Ni Made Adiasih dan rumah imbas Ni Made Weri.

Tidak lupa juga pada kesempatan itu Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga menyampaikan betapa pentingnya pengelolaan sampah di rumah tangga dengan pengelolaan berbasis sumber di rumah tangga. Sehingga sampah itu selesai dirumah tidak tercecer ke tempat lain. Bahkan saat itu, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya sempat mempraktekan membuat lubang biopori di halaman warga.

“Misalnya dengan membuat lubang resapan biopori, membuat lubang dan dibakar dirumah dan lainnya. Saya juga menginginkan nantinya program Hatinya PKK ini beriringan dengan pengelolaan sampah berbasis sumber ini. Karena sampah kalau diolah dengan baik, juga bisa mendatangkan nilai lebih, seperti dijadikan pupuk dan lain-lain,” imbuhnya.

Usai melakukan monitoring, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menyempatkan melakukan kegiatan sosial, mengunjungi sembari memberi bantuan masyarakat yang hidup sebatangkara di Desa Tanguntiti, An. Dewa Ayu Putu Londry, dan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di Desa Mambang, An. I Ketut Sekarta. RED-MB

Baca Juga :
Aliansi Pemuda Hindu Bali Tabanan Laksanakan Progam Dharma Sewanam