Denpasar (Metrobali.com)-
Bersepeda bukan hanya sekedar berolah raga banyak manfaat lain yang bisa didapat apalagi dilakukan pada malam hari, sensasinya akan berbeda. Seperti dilakukan puluhan komunitas sepeda Denpasar dalam acara “Night Riding” dikoordinir “Lelasan CC”. Dengan mengambil start di depan Museum Bali, puluhan komunitas sepeda dengan berbagai atribut dilepas menuju Margarana Tabanan oleh Walikota Denpasar IB Rai D. Mantra, Minggu (18/11).
Sejak digulirkannya bersepeda sehat oleh Walikota Denpasar IB Rai D. Mantra tiga tahun yang lalu. Program Minggu Bersepeda Sehat yang dikenal dengan istilah “Car Free Day” kini banyak mendapat sambutan masyarakat luas. Berbagai club sepeda kini terus bermunculan bahkan tidak di Kota Denpasar saja kegiatan bersepeda kini telah merambah keseluruh Kabupaten di Bali.
Menurut Dewa Made Merthakota ketua perkumpulan sepeda “Samas”, jumlah club sepeda di Bali hingga kini sudah mencapai ratusan lebih sebut diantaranya Satak CC, Klipes, Sandat, Lisna, Bali Gowes, Betty, Lelasan dan lain-lain.
Seiring dengan perekembangannya, kegiatan  bersepadapun kini makin diminati mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dibuktikan dengan muncunya berbagai kegiatan bersepeda yang dikemas dengan beragam event. Seperti yang dilaksanakan hari ini, puluhan komunitas sepeda di Bali dikoordinir “Lelasan CC” melakukan kegiatan bersepeda malam yang dikemas dalam acara “Lelasan Berseri Night Riding VI” dengan rute Denpasar-Margarana.
Menurut Ketua “Lelasan CC” IGN Budhita kegiatan ini disamping bertujuan untuk mengajak masyarakat pencinta sepeda peduli akan lingkungan juga bertujuan untuk mendukung program “Car Free Day” Walikota Denpasar. “Seperti kita ketahui, Denpasar yang dihadapkan pada masalah kemacetan lalu-lintas akibat jumlah kendaraan yang tak sebanding dengan lahan yang tersedia. Harus ada upaya untuk mengurangi kepadatan tersebut, salah satunya adalah program “Car Free Day” yang digagas Walikota, terangnya.
Selaku masyarakat dirinya sudah barang tentu sangat mendukung program ini. Disamping murah moda transfortasi ini amat ramah lingkungan dan mudah dibawa kemana-mana, tambahnya. Melalui kegiatan “Lelasan Berseri Night Riding VI” mudah-mudahan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. SDN-MB
Baca Juga :
BNPB: belum ada laporan korban jiwa Merapi