Foto: Penyerahan bantuan bibit melon dan bibit kedelai dari DPW Partai NasDem Bali.

Badung (Metrobali.com)-

Keseriusan Partai NasDem membangun dan memajukan sektor pertanian Bali tidak perlu diragukan lagi. Setelah sebelumnya menggulirkan bantuan belasan ribu bibit buah unggul untuk kelompok tani di berbagai daerah di Bali, kali ini Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Bali menyerahkan bantuan bibit melon dan bibit kedelai unggul kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Kabupaten Jembrana untuk selanjutnya diserahkan kepada kelompok tani di Jembrana.

Bantuan bibit melon dan bibit kedelai ini merupakan bantuan dari DPP Partai NasDem dan secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Akademi Bela Negara Partai NasDem yang juga Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem IGK Manila, didampingi Ketua Dewan Pakar DPD Partai NasDem Sukabumi Azep Zaky yang ikut memfasilitasi bantuan bibit ini, Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem Bali Nyoman Winatha kepada Ketua DPD Partai NasDem Jembrana Nyoman di Intercontinental Bali Resort, Minggu (20/3/2022). Hadir pula jajaran pengurus DPW Partai NasDem Bali dan DPD Partai NasDem Jembrana.

Tidak hanya bantuan bibit melon dan bibit kedelai, diserahkan pula bantuan pupuk dan peralatan bertani seperti cangkul dan lainnya. Tujuan dan harapannya jelas agar mampu memotivasi petani dan menggerakkan sektor pertanian di masa pandemi Covid-19.

“Apa yang bisa kita lakukan untuk masyarakat agar Bali yang sudah terlena dengan pariwisata yang sudah dua tahun ini menderita karena Covid-19, agar ada yang bisa dibangkitkan lagi, salah satunya di bidang pertanian,” kata Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem Bali Nyoman Winatha.

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan IGK Manila dan Azep Zaky yang ikut memfasilitasi bantuan bibit ini. “Bantuan ini diinisiasi oleh Opa IGK Manila dan Kakak Zaky untuk membantu DPD NasDem Jembrana. Setelah itu akan membantu DPD lainnya di Bali sehingga cita-cita kita bisa terwujud dengan adanya perhatian terhadap masyarakat dan petani,” ujar Winatha lantas berharap NasDem makin dikenal, makin dicintai dan Berjaya di 2024.

Baca Juga :
Mudik 2016, Permintaan Ekstraflight di Ngurah Rai Menurun

Gubernur Akademi Bela Negara Partai NasDem yang juga Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem IGK Manila, berharap dengan adanya bantuan bibit melon dan kedelai ini mampu menggerakkan pertanian Jembrana dan ada komoditas unggulan baru.

“Pertanian ini sangat menjanjikan dan harus kita garap serius, lahan yang mangkrak harus dioptimalkan,” kata IGK Manila yang dikenal selama ini sangat konsern juga membantu petani dan menggerakkan sektor pertanian di berbagai daerah.

Sementara itu Azep Zaky yang ikut memfasilitasi bantuan bibit ini mengungkapkan upaya menggerakkan sektor pertanian dengan mendorong petani membudidayakan melon dan kedelai ini merupakan bagian program 10 tahun pertama yang dilakukannya. Bibit ini ia produksi sendiri dengan kualitas yang terjamin unggul.

“Bibit yang saya bawa ini bibit F1 dan 100 persen produksi sendiri. Ini sudah uji coba di 16 provinsi sejak 2016 untuk kepentingan anak bangsa. Saya juga bawa cangkul merek merah putih kita buatan sendiri. Kami juga buat pupuk kualitas ekspor dan kami bagikan untuk petani di Jembrana,” ungkapnya.

Petani diharapkan dapat membudidayakan melon dan kedelai ini dengan baik terlebih sudah ada jaminan akses dan penyerapan pasar. “Untuk kedelai, 100 persen saya beli dan kalau untuk melon saya bisa saya bantu jual ke Sunprice supaya petani untung,” pungkas Zaky.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jembrana Nyoman Renteb menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi atas dukungan bantuan bibit melon dan bibit kedelai yang akan disalurkan kepada sejumlah kelompok tani di Jembrana.

“Partai kami membantu masyarakat petani di Jembrana dengan bibit melon dan bibit kedelai. Ini adalah gebrakan yang sangat baik oleh partai kami membantu masyarakat Jembrana di saat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga :
Wabup Made Sudiana Ikuti Jalan Santai dan Bersih-Bersih di Pantai Kuta Serta Seminyak

Dengan bantuan ini Renteb menegaskan NasDem siap menggerakkan pertanian melon dan kedelai di Jembrana. “Kami siap membackup petani kami manakala membutuhkan bibit ini apalagi DPP NasDem sudah siap membantu berapapun bibit yang dibutuhkan petani,” ungkapnya. (dan)