Foto: Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem Bali, I Nyoman Winatha dan jajaran bersama Kepala Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung Unda Anyar, Dr. Ir. Titik Wurdiningsih, M.Si, dan jajaran berfoto bersama penerima bantuan bibit pohon buah produktif dan unggul, Sabtu (14/8/2021) pagi.

Denpasar (Metrobali.com)-

Bali ayo menanam agar alam tetap lestari. Bali ayo kembali bertani. Sebab di masa pandemi pertanian tidak pernah mati.

Spirit dan pesan itu yang terus digaungkan DPW Partai NasDem Provinsi Bali dengan aksi nyata pula memberikan dukungan dan memfasilitasi bantuan bibit pohon buah produktif dan unggul kepada masyarakat Bali.

Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, NasDem Bali memfasilitasi bantuan 4.500 bibit pohon dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Persemaian Permanen Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung Unda Anyar, Denpasar Selatan, Sabtu (14/8/2021) pagi.

Bantuan bibit tahap awal ini diberikan kepada masyakat di tiga kabupaten/kota di Bali. Para penerima bantuan yakni Kelompok Ekowisata Subak Sembung Peguyangan Kota Denpasar (2.000 bibit), Kelompok Sadar Wisata Batu Belah Kabupaten Jembrana (2.000 bibit), dan Kelompok Tani Ternak Merta Sari Karangasem (500 bibit). Ada enam jenis bibit pohon buah produktif dan unggul yang disalurkan yakni alpukat mentega, mangga arum manis, durian otong, jambu kristal, sawo kecik, dan nangka.

Bantuan diserahkan langsung Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem Bali I Nyoman Winatha bersama Kepala Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung Unda Anyar Dr. Ir. Titik Wurdiningsih, M.Si, Manajer Balai Persemaian Permanen Suwung Ade Supriatna, Wakil Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPW NasDem Bali I Kadek Eggy Segel, Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPW NasDem Bali Siti Amelia, Wakil Ketua Bidang Kehutanan DPW NasDem Bali Didik Purwati, dan sejumlah kader NasDem Bali lainnya karena terbentur aturan protokol kesehatan.

Baca Juga :
Komnas HAM Desak Pemerintah Ungkap Kasus 1965-1966

Koordinator Penyerahan Bibit Pohon I Kadek Eggy Segel yang juga Wakil Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPW NasDem Bali mengungkapkan kegiatan pembagian bibit buah di masa pandemi Covid-19 ini yang pertama kali dilakukan dan program akan terus dilanjutkan secara bertahap menyasar daerah-daerah lain dan kelompok penerima lainnya di Bali.

Program ini juga wujud bentuk kepedulian NasDem kepada pelestarian lingkungan hidup di Bali dan juga menjadi gerakan moral mengajak generasi muda Bali gemar bertani.  “Tujuannya di tengah situasi sulit saat pandemic Covid-19 sekarang ini kita ajak masyarakat khususnya juga anak-anak muda, generasi milenial agar gemar berkebun, menanam dan bertani. Ini juga penting untuk kelestarian lingkungan dan memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat,” terang Eggy.

Sekretaris Wilayah DPW Partai NasDem Bali, I Nyoman Winatha mengaku bahagia bisa mengunjungi Balai Persemaian Permanen Suwung yang super indah dan sejuk. Ia mengucapkan terima kasih karena diajak berkeliling di rumah beragam bibit tanaman itu.

“Pertama, terima kasih yang luar biasa kami tujukan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang memfasilitasi pembagian 4.500 bibit tanaman ini. Program yang sama akan dilanjutkan di 6 kabupaten lain. Ini support yang sangat luar biasa menyongsong hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan HUT Pemprov Bali ke 63,” ucap Winatha ditemui di lokasi acara.

Pembagian bibit tersebut, imbuh Winatha merupakan wujud nyata dukungan DPW NasDem Bali terhadap visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang ditujukan untuk memelihara alam Pulau Dewata dan seisinya. Tak sekadar pembagian bibit, Winatha berharap tanaman tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga memiliki nilai ekonomis.

“Kita mengalami penurunan drastis di masa pandemi Covid-19. Bisa dikatakan sangat terpuruk di bidang pariwisata. Sembari menunggu situasi kembali pulih, kami ingin mengajak masyarakat kembali bertanam dan berkebun di hari-hari yang sulit ini. Sehingga ada alternatif positif untuk mengantisipasi kesulitan tersebut,” ujar Winatha.

Baca Juga :
Terkait Pemberitaan Bali Kota Hantu, Gubernur Koster Kembali Tegaskan Hal Itu Tidak Benar

Dikatakan Pembagian bibit hari ini digagas kader milenial NasDem Bali yang dikoordinasikan oleh Wakil Ketua Bidang Pemilih Pemula dan Milenial DPW NasDem Bali. “Kami sangat berharap kaum milenial tidak malu bertani, berkebun, karena sektor pariwisata benar-beant terdampak dan butuh recovery yang lama. Manfaatkan hal positif ini untuk mencari solusi positif di tengah pandemi,” pesan pengusaha asal Jembrana itu.

Soal sektor pertanian, Winatha menegaskan banyak pihak yang tak sadar jadi petani adalah cita-cita mulia dan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bila dikelola dengan profesional, menjadi petani adalah tangga menuju kesuksesan yang sebenarnya.

“Rusia, Selandia Baru, Australia, Belanda, dan Vietnam sangat menyukai mangga dari Bali karena memiliki cita rasa khas. Berapa pun kita kirim mereka mau beli. Demikian juga dengan durian. Satu kilogram mangga berharga Rp 500.000 rupiah lebih. Sangat menjanjikan bukan?” ungkap Winatha. (dan)