Musrenbang Kecamatan Dawan, Suwirta Minta Usulan Ditunjang Data

single-image

Musrenbang Kecamatan Dawan

Klungkung (Metrobali.com)-

Guna menindaklanjuti Musrenbangdes yang sudah dilaksanakan disetiap desa yang ada di kecamatan Dawan maka dilaksanakannya Musrenbangcam. Kegiatan ini dipusatkan dikantor camat dawan yang menghadirkan Bupati Suwirta, 2 anggota DPRD dapil Dawan Wayan Sugati dan A.A Gde Sayang Suparta, kepala Bapeda Putu Winastra, unsur tripika kecamatan Dawan, beserta tim musrenbang kecamatan Dawan.

Musrenbang Kecamatan diselenggarakan untuk membahas dan menyepakati hasil-hasil musrenbang dari tingkat desa yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan, membahas dan menetapkan kegiatan prioritas pembangunan di tingkat kecamatan  yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa dan melakukan klasifikasi  atas kegiatan prioritas pembangunan kecamatan sesuai dengan  fungsi SKPD kabupaten.

Dalam laporan sekcam dawan Edy Sarwono, setelah melaksanakan musrenbangdes yang dilakukan diseluruh desa yang ada dikecamatan dawan akhirnya didapatkan 46 usulan. Usulan tersebut didapat dengan melihat beberapa sektor antara lain, pertama dibidang  sarana dan prasarana, yang kedua bidang kesehatan, dan yang ketiga dibidang ekonomi, sosial, budaya.

Untuk tahun lalu dikecamatan dawan setiap musrenbangcam setiap desa mengusul 1 usulan, tapi di tahun ini semua usulan desa diterima tp kita backup dulu mana usulan yang prioritas atau yang diutamakan. Untuk pendataan kk miskin, data yang diperoleh kecamatan dawan tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya (2014 ) berjumlah 1.186 menjadi  9.506 kk (2015). Dengan peningkatan data ini maka akan dilakukankroscek kelapangan tentang kebenaran data tersebut.

Bupati Suwirta dalam sambutannya, meminta agar usulan-usulan yang diajukan itu benar adalah data nyata dan real. Sehingga pemerintah bisa memprioritaskan mana usulan yang akan diutamakan terlebih dahulu. Setiap perbekel juga harus lebih sering rajin turun langsung kelapangan agar tahu kondisi masyarakat yang sebenarnya. Dengan data yang benar usulan yang diajukan harus memang prioritas didaerah tersbut. “sinkronisasi program yang bapak buat harus berkoneksi dengan program pemerintah” ujar Suwirta. RED-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Pick Up Masuk Jurang di Perangsari, Satu Tewas

Leave a Comment

Your email address will not be published.