Mirip Hembusan, Debu Tertiup Angin di Puncak Gunung Agung
Karangasem, (Metrobali.com) –
Warga yang berada dilingkar Gunung Agung siang ini sempat dibuat kaget dan bertanya – tanya atas munculnya fenomena debu berterbangan dikawasan Puncak Gunung.
Belakangan fenomena tersebut disebabkan oleh debu yang selama ini mengendap dikawasan lereng Puncak Gunung Agung tertiup angin kencang sehingga jika dilihat sepintas dari kejauhan menyerupai hembusan akibat aktivitas Vulkanik Gunung Agung.
“Ya awalnya saya kira ada hembusan atau longsor dikawasan puncak Gunung Agung saat melihatnya sepintas,” Ketut Edi salah seorang warga asal Selat yang sempat memantau fisual Gunung Agung siang ini, Sabtu (19/10/2019).
Sementara itu, dikonfimasi mengenai fenomena tersebut, Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Ketut Arimbawa menegaskan bahwa fenomena yang terlihat dikawasan Puncak Gunung Agung siang ini adalah debu yang tertiup angin.
“Tenjadi angin kencang dikawasan lereng puncak Gunung Agung yang menbuat debu yang selama ini mengendap terbawa angin,” kata Arimbawa saat dikonfirmasi.
Dengan adanya fenomena ini, BPBD Karangasem juga langsung melakukan antisipasi denga cara menyiapkan masker serta berkordinasi dengan kawil  – kawil dilingkar Gunung Agung mengenai wilayah mana saja yang terdampak debu tersebut. (SUA)
Baca Juga :
Wartawan Berikan Kejutan Kue Ultah Kepada SBY