Mangupura (Metrobali.com)-

Dalam memeriahkan HUT ke-3 Ibukota Badung Mangupura, Pemkab Badung menggelar pelayanan KB Terpadu yang dipusatkan di Desa Munggu, Jumat (9/11). Pelayanan KB Terpadu ini terselenggara berkat kerjasama antara Badan KBKS Badung, TP PKK Badung, BKKBN Provinsi Bali, YKI Cabang Badung, TNI dan Yayasan Sehati.

Dari pantauan di lapangan pelayanan KB terpadu mendapat sambutan positif dari masyarakat Desa Munggu. Dari data yang terkumpul, sebanyak 20 orang yang mengikuti pelayanan KB inplant, 20 orang KB IUD, 5 orang vasektomi dan 80 orang papsmear. Kegiatan tersebut juga mendapat perhatian dengan hadirnya Ketua TP PKK Badung Ny. Ratna Gde Agung bersama Ny. Wakil Bupati Ayu Sudikerta, Ny. Sekda Badung Kompyang R. Swandika, perwakilan BKKBN Provinsi Bali I Wayan Sundra serta TNI.

Nyonya Ratna Gde Agung mengatakan, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan reproduksi wanita melalui papsmear ini memang rutin dilaksanakan. Kegiatan ini khususnya pelayanan papsemar diharapkan dapat mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks. Kedepannya diharapkan pula badung dapat terbebas dari kanker serviks. Ditambahkan, kegiatan ini akan berlanjut pada tanggal 12 Nopember ini dengan gebyar vaksin pencegahan kanker serviks kepada murid-murid. Sementara di tahun 2013 nanti juga akan dilaksanakan gebyar vaksin bagi pegawai dan istri pegawai golongan I dan II di lingkungan pemkab Badung.

Sementara Kepala Badan KBKS Badung I Made Lison menjelaskan, dalam rangka HUT ke-3 Mangupura, telah diawali gebyar pelayanan kesehatan masyarakat dengan pelayanan kesehatan reproduksi papsmear di Br. Sengguan Cemagi yang diikuti 50 peserta pada 2 Nopember lalu. Pelayanan papsmerar juga dilakukan di Br. Bantas Penarungan pada 5 Nopember lalu yang diikuti 28 peserta. Selain papsmear, pelayanan lain yang juga dilakukan adalah pelayanan kesehatan keluarga dengan melaksanakan pemeriksaan mata serta pembagian kaca mata secara cuma-cuma di Desa Belok Sidan Kecamatan Petang. Pelayanan kaca mata yang bekerjasama dengan Yayasan Kemanusian Indonesia mendapat sambutan antusias masyarakat Belok Sidan, terbukti dari banyaknya masyarakat yang mendapatkan pelayanan kaca mata dengan jumlah masyarakat yang mendapatkan pelayanan sebanyak 198 orang dan 2 orang operasi katarak. “Pelayanan ini akan berlanjut untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Kabupaten Badung,” tambah Made Lison.IKA-MB

Baca Juga :
Kasus Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 6 Orang, Kasus Aktif Sisa 0,05 Persen