Menteri Pariwisata Lepas Peserta Pawai Pesta Kesenian Bali ke-37

Denpasar (Metrobali.com)-

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Arief Yahya melepas peserta pawai Pesta Kesenian Bali ke 37 di depan Monumen Perjuangan rakyat Bali, Niti Mandala Denpasar , Sabtu (13/6). Pawai untuk kali ini menampilkan peserta pawai dari 9 kabupaten dan kota di Bali selain juga dimeriahkan oleh  peserta dari sejumlah Universitas Negeri dan swasta di Bali, Provinsi NTT, Lampung, Kota Bima, Bantul dan Blitar dan kontingen pawai dari seniman asing yaitu Timor Leste dan India.

Pelaksanaan pawai  PKB ke 37 sendiri merupakan pembuka segala kegiatan yang dilaksanakan di ajang ini, yang merupakan representasi kekayaan dan kekhasan seni budaya yang dimiliki masyarakat Bali yang masih lestari sampai saat ini. Demikian disampaikan Gubernur Bali, Mangku Made Pastika, dalam laporannya pada acara tersebut.

Parade yang melibatkan kurang lebih 15 ribu seniman menawarkan format yang sangat berbeda dari pelaksanaan PKB sebelum-sebelumnya. Diformat sebagai pesta rakyat, dimana masyarakat yang diutamakan untuk menikmati atraksi-atraksi budaya yang ditampilkan. Rute pawai di awali dari depan kantor Gubernur Bali menuju arah barat belok ke selatan kemudian belok timur di jalan raya puputan menuju panggung kehormatan.

Atraksi sudah dimulai dari titik start, dan selesai di depan panggung kehormatan. Dengan format seperti ini masyarakat bisa menikmati atraksi pawai lebih dulu, sebelum para tamu utama. Sehingga masyarakat yang mau menonton pawai PKB tidak harus berjubel di depan panggung kehormatan. Masyarakat bisa menonton pawai di sepanjang lapangan Renon mulai dari utara lapangan, di sebelah barat lapangan dan di selatan lapangan. Namun saking tingginya antusiasme masyarakat menyaksikan acara pembukaan PKB, panggung kehormatan tetap dipenuhi penonton sehingga sedikit menyulitkan para peserta untuk beratraksi.

 Untuk tema PKB tahun ini adalah “Jagaddhita, Memperkokoh Kesejahteraan Rakyat” menggambarkan relevansi kehidupan seni budaya bali sebagai bagian upaya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :
Ali Adriansyah Rusmiputro Menghadapi Ujian Berat di Misano

Sementara itu Arief yahya yang hadir juga bersama Mendagri Tjahyo Kumolo,  dalam wawancaranya dengan awak media menyatakan kekagumannya atas penyelenggaraan PKB yang mementaskan kesenian dan kebudayaan dari masing-masing daerah di Bali. Menurutnya  kesenian dan kebudayaan tersebut merupakan modal bagi industri pariwisata yang  patut terus dilestarikan. Ia berjanji, pusat akan membantu promosi pariwisata Bali.

PKB ke 37 ini akan berlangsung selama 1 bulan di Taman Budaya Denpasar hingga 11 Juni mendatang yang rencananya akan dilanjutkan dengan pegelaran Bali Mahalango. AD-MB