6E6C1534
Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat membuka kursus singkat yang diikuti pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, Kamis (23/11)/MB

Denpasar, (Metrobali.com) –

Dalam dunia kerja seluruh pegawai tidak hanya harus memiliki kecerdasan secara intelektual namun juga harus memapu menjaga kecerdasan emosi dalam dunia kerja. Mengingat kedepannya seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima oleh masyarakat. Hal tersebut disampaikan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat membuka kursus singkat yang diikuti pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar, Kamis (23/11) di ruang pertemuan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar. Pelatihan tersebut nara sumber Retno IG Kusuma dari PT, Pradnyagama Pilar Kusuma dihadiri Kepala BKPSDM I Ketut Mister.

Lebih lanjut Rai Iswara menambahkan orientasi kerja pemerintah mewujudkan good governance atau pemerintahan yang baik. Untuk mecapai pemerintahan yang baik ada tiga unsur yang penting harus disenergikan sedemikian rupa untuk mewujudkan hal tersebut. Tiga unsur tersebut adalah pemerintah, pengusaha dan lembaga sosial masyarakat. Sedangkan untuk PNS sendiri mempunyai dua posisi dalam hal ini yaitu sebagai aparatur pemerintah dan sebagai masyarakat. Saat ini masyarakat menuntut pelayanan yang sangat prima. Karena mereka beranggapan semua pagawai dianggap mampu untuk melakukan pelayanan tersebut.  “Kami harapkan semua PNS harus terus meningkatkan kemampuannya. Salah satunya dengan mengikuti pelatihan semacam ini,” ujar Rai Iswara.

Dalam meningkatkan kemampuan para PNS untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat ada empat hal yang harus dilakukan yaitu penguatan kelembagaan, memperluas kerjasama, membangun citra dan peningkatan SDM. Keempat hal tersebut saling berkaitan satu sama lainnya dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Untuk penguatan lembaga Rai Iswara berharap semua organisasi perangkat daerah (OPD) harus mampu menguatkan kelembagaan di intern masing-masing melalui inovasi-inovasi sehingga tetap eksis dalam memberikan pelayanan prima pada masyarakat. Demikian juga OPD harus  mampu memperluas kerjasama atau jejaring diantara OPD untuk meningkatkan komunikasi antara intern di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar. Dalam melakukan komunikasi dan kerjasama dengan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar perlu= adanya pengendalian emosional yang diimbangi dengan intelektualitas sehingga koordinasi dapat berjalan dengan baik. Setelah mempu melaksanakan penguatan lembaga dan kerjasama harus juga dimbangi dengan membangun citra dari lembaga itu sendiri. Untuk mendukung tiga hal tersebut harus juga diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Meningat tanpa SDM tiga hal untuk melakukan pelayanan prima pada masyarakat tidak bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga :
Dekatkan Pelayanan Bidang Hukum, Pasar Badung Kini Dilengkapi Layanan "Wayan Adhyaksa"

Sementara Kabid Pengadaan, Pemeberhentian dan Informasi Komang Lestari Kusuma Dewi dalam laporannya mengatakan kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini untuk meningkatkan SDM aparatur Pemerintah Kota Denpasar. Disamping juga menyeimbangkan mental dan emosi sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Nara sumber pelatihan Retno IG Kusuma mengatakan saat ini sering kurang mampu menyeimbangkan kecerdasan emosi dalam dunia kerja sehingga hasil yang dicapai tidak maksimal. Untuk itu perlu dilaksanakan pelatihan semacam ini sehingga lebih memahi emosional saat bekerja. GST-MB