Foto: Langit di atas Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika dibuat meriah oleh kehadiran tim aerobatik TNI Angkatan Udara, JupiterAerobatic Team, Sabtu (19/3/2022).

Mandalika (Metrobali.com)-

Langit di atas Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika dibuat meriah oleh kehadiran tim aerobatik TNI Angkatan Udara, JupiterAerobatic Team. Tim ini beranggotakan para instruktur pilot Skadron Khusus dibawah Skadron Pendidikan 102, Wing Pendidikan Terbang, Lanud Adisucipto, Daerah istimewa Yogyakarta.

Tim ini dipimpin Marsekal Muda (Pnb) Anang “Morgan” Nurhadi Susilo, menggunakan enam pesawat KT 1 Woongbee buatan Korea Selatan. Mereka mengisi waktu jeda dari berakhirnya sesi latihan resmi dan babak kualifikasi pada balap MotoGP, Pertamina Grand Prix of Indonesia, Sabtu (19/3/2022).

Selama 15 menit mereka memperagakan sejumlah aksi menarik seperti Jupiter Roll, Delta Loop, Eagle to Arrow Head Loop & Break Off, Twin Half Cuban, Jupiter Wheel, dan Tango to Diamond Loop. Cuaca mendung mewarnai langit Mandalika mengiringi aksi Jupiter.

Tidak hanya pada Sabtu ini saja. Aksi jauh lebih menarik akan disajikan oleh tim Jupiter pada jeda lomba MotoGP, Minggu (20/3/2022). Saat besok, mereka akan menampilkan 15 atraksi.

Menurut Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau) Marsekal Madya TNI Nanang Santoso, tim ini berangkat dari pangkalan mereka di Yogyakarta, Jumat (18/3/2022). Selain tujuh pesawat dengan 14 pilot. tim juga membawa 57 kru.

Menurut Nanang, Jupiter telah berlatih selama dua pekan untuk acara puncak Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Ini kesempatan untuk mengangkat Indonesia, pariwisata termasuk kami TNI Angkatan Udara dengan antusias dengan menghadirkan Jupiter Aerobatic Team,” kata dia.

IPihaknya memohon doa restu seluruh masyarakat agar dapat tampil secara maksimal dan sukses memeriahkan MotoGP Mandalika 2022.

Baca Juga :
Wagub Sudikerta Ingatkan Warga Laksanakan Yadnya Dengan Sederhana

Tim yang dibentuk pertama kali pada 1996 tersebut telah dua kalo beraksi di langit Sirkuit Mandalika, yakni saat perhelatan World Superbike, November 2021, dan saat MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022.

Di ajang internasional, tim Jupiter pada 18 Februari 2022 lalu berhasil memukau publik dalam Singapore Air Show 2022, mereka juga pernah tampil pada Langkawi Air Show.

“Mudah-mudahan bisa menyukseskan dan menggelegarkan ajang internasional MotoGP, semoga semua terlaksana dengan aman, lancar, dan sukses,” kata Nanang. (rls)