Mangupura (Metobali.com)-

Telah selesainya beberapa bangunan Pelinggih di Pura Kancing Gumi Sulangai Petang Krama pangempon dan penyungsung Desa Sulangai Kecamatan Petang melaksanakan upacara Nyatur, Melaspas dipuput oleh Ida Peranda Gede Sunu Griya Simpangan Sandakan. Sedangkan puncak Upacara Piodalan jatuh pada 28 Nopember yaitu Buda Umanis Prangbakat bertepatan dengan purnama sasih keenem. Acara  dihadiri oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta, didampingi, anggota DPRD Kab. Badung Ida Bagus Punia, Kepala SKPD dilingkungan Pemkab. Badung, Perbekel, Bendesa Adat Sulangai, dan para bakthi Desa Batu Lantang Sulangai Petang. Minggu,(25/11).

Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta melaksanakan mendem pedagingan disalah satu pelinggih Padmasana didampingi Kepala Badan Kepegawaian Oka Sukadana, Kepala Badan Kesbangpolitmas Made Witna serta pemangku adat. Selanjutnya dilaksanakan persembahyangan bersama meminta doa restu kehadapan Hyang Prama Wisesa agar upakara serta Upacara yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan bersama.

Wabup. Ketut Sudikerta dalam dharma wacananya merasa bangga bisa hadir dan melaksanakan persembahyangan bersama dengan seluruh krama Banjar Br. Batu Lantang Sulangai Petang yang telah melaksanakan yadya dengan tulus iklas. Sudikerta mengharapkan krama tetap menjaga rasa menyama braya, agar tercipta hubungan yang harmonis di masyarakat. Selain itu dalam menjalankan kehidupan keseharian, krama harus tetap berlandaskan konsep agama Hindu yakni Tri Hita Karana. Sudikerta juga mendukung warga Desa Batu Lantang Desa Sulangai Petang untuk selalu membangun srada bakti yang tulus iklas dimana  nantinya berdampak positif demi kesejahteraan  masyarakat Sulangai dan Badung .

Ketua Panitia Karya I Made Sarpa mengatakan ”penyungsung Pura Kancing Gumi Sulangai Petang telah melaksanakan beberapa rangkaian upakara seperti nyatur dan pemelaspasan. Hari Selasa 27 Nopember diadakan pemelastian kesegara Batu Bolong dan puncak piodalan jatuh pada Buda Umanis Prangbakat yang bertepatan dengan purnama keenam. Perbaikan beberapa pelinggih Pura telah menghabiskan biaya sebesar Rp. 360 juta dimana biaya tersebut belum termasuk biaya upacara yang akan dilaksanakan. Dana yang dimiliki oleh warga pengempon pura hanya Rp. 90 juta yang diporeh dari iuran warga pengempon pura yang terdiri dari 140 KK serta sumbangsih dari donator.

Baca Juga :
Cek Sarana dan Prasarana Sekolah, Sekda Dewa Indra Tinjau SMAN 7 Denpasar

Untuk meringankan warga pengempon Pura Desa Batu Lantang Sulangai Petang dalam melaksanaknya Bakti kepada Hyang Prama kawi Wakil Bupati I Ketut Sudikerta  dalam kesempatan tersebut mapunia sebesar Rp. 25 Juta. dari pribadi sebesar Rp. 10 juta serta dari DPRD sebesar Rp. 5 juta. IKA-MB