Rembug Tani 2

 

Denpasar  (Metrobali.com)-

Untuk menghimpun dan memfasilitasi petani atau kelompok tani guna mengatasi permasalahan-permasalahan di bidang pertanian beserta upaya pemecahannya, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura yang kali ini bekerjasama dengan Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) menyelenggarakan acara rembug tani, Kamis (12/2) di Wantilan Setra Agung, Subak Sembung Peguyangan. Acara ini dihadiri langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus membuka acara rembuk tani. Hadir juga dalam kesempatan ini Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura I Gede Ambara Putra, Pelingsir Puri Peguyangan  AA Gde Widiada Pelingsir Puri Kesiman AA. Gde Kusuma Wardana, Camat Denpasar Utara dan seluruh Kepala Pimpinan SKPD terkait lainya.

Dalam rembug tani ini Rai Mantra mengatakan untuk mencapai keberasilan di bidang pertanian tidak bisa lepas dari adanya peran serta dan dukungan dari kelompok tani dan subak. Dimana  kelompok tani dalam percepatan swasembada pangan harus di dorong seoptimal mungkin guna mengurangi impor pangan. Karena melemahnya peran kelompok tani dewasa ini sangat banyak di pengaruhi oleh alih fungsi lahan, factor sosial dan budaya serta kepentingan pribadi. Oleh karena itu sangat perlunya penguatan kelompok tani sebagai ujung tombak dalam pencapaian swasembada pangan. Dan Pemerintah Kota Denpasar akan selalu memfasilitasi kepentingan petani dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani melalui perbaikan jaringan irigrasi, adopsi teknologi, bantuan sarana prasarana pertanian.

Sementara itu Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura I Gede Ambara Putra yang di temui disela-sela kegiatan mengatakan kegiatan rembug tani ini bertujuan memperkenalkan dan menambah wawasan kepada para petani terkait dengan perkembangan teknologi pertanian. Dan dalam rembug tani ini juga dilaksanakan penanaman pohon Jambu Kristal di sepanjang aliran pengairan subak sembung sebanyak 75 pohon yang kemudian dilanjutkan dengan panen daun bawang serta  kursus singkat jamur merang kardus oleh PKK Kecamatan Denpasar Utara dan juga penyerahann bantuan sosial kepada beberapa subak yang ada di Kota Denpasar.RED-MB

Baca Juga :
Pencari suaka di Inggris dibiarkan miskin