Klungkung ( Metrobali.com )
Aksi peduli untuk warga Balinuraga Lampung Selatan dilakukan warga Klungkung. Aksi tersebut dilakukan mulai pukul 10.00 wita dengan start dari Menomen Puputan Klungkung. Aksi peduli  kali ini melibatkan beberapa elemen. Diantaranya LSM Forum Peduli Pendidikan Bali, Komunitas Wartawan Klungkung dan para Musisi Klungkung seperti Magri—Tison dan kawan kawan seperti Handra, Wayan Mastra dan Opi.

Aksi ini juga mendapat dukungan dari elemen masyarakat Klungkung yang terkumpul melalui Facebook. Begitu terkumpul pemuda dari berbagai elemen ini langsung bergerak masuk ke Pasar Seni Semarapura di timur Obyek Wisata Kertagosa. Dengan membawa spanduk , mereka  meminta sumbangan sukarela dari pedagang dan penghuni pasar. Sementara Margi—Tison Cs dibantu beberapa teman temanya dari musisi Klungkung terus mendendangkan lagu lagu sepanjang perjelanan. Dengan diiringi tiga buah gitar para musisi ini beraksi di dalam pasar Klungkung.

Aksi ini langsung menarik perhatian masyarakat  termasuk para pedagang. Mereka pun dengan sukarela merogoh koceknya untuk memberikan sumbangan. Dari sana aksi dilanjutkan je Jalan Nakula, kemudian menuju pertokoan di jalan Diponogoro. Aksi berakhir di bundaran Catus Pata Klungkung.

Para pengguna jalan sendiri pun langsung bersimpati terhadap aksi mereka. Bahkan anak anak SD yang pulang sekolah kebetulan lewat di bundaran Catus dengan spontanitas ikut bergabung dengan para relawan. Anak anak ini dengan membawa kardus bekas air mineral mendatangi setiap kendaraan yang melintas untuk meminta sumbangan. Ternyata aksi tersebut mendapat sambutan yang luar biasa. Bahkan dalam aksi yang berakhir pukul 12.00 wita tersebut berhasil dikumpulkan uang tunai Rp 4,7 juta lebih.

Selain itu beberapa kardus pakaian layak pakai juga berhasil di kumpulkan. Usai aksi uang tersebut langsung dititipkan di Mapolsek Klungkung dan nantinya akan disalurkan melalui Kantor Dinas Sosial Klungkung. Sementara pakaian layak pakai kemarin langsung diantarkan ke Kantor Dinas Sosial Klungkung.

Baca Juga :
Kapal Kandas, Evakuasi Penumpang Dibantu Jukung Warga

Menurut Kordinator Aksi, Made Puja Darsana alias Mupu gerakan kemarin berlangsung spontan. Ini karena kepedulian dari warga Klungkung akan penderitaan warga Bali di Desa Bali Nuraga.

Sementara khusus dari LSM Forum Peduli Pendidikan Klungkung sehari sebelumnya sudah melakukan aksi. Beberapa dus pakaian layak pakai berhasil di kumpulkan dan sudah diserahkan ke kantor Dinas Sosial. Selain itu juga ada sumbangan obat obatan. Diantaranya 8 dus besar, 12 dus kecil, 4 kampil dan beberapa kresek pakaian layak pakai.

Saat melakukan aksinya para relawan ini sempat bertemu dengan warga Bali yang tinggal di Lampung. Mereka meminta foto bareng. Dia mengaku akan menunjukan foto foto tersebut kepada rekan rekanya di Lampung kalau orang Bali di Bali dan Klungkung melakukan aksi seperti ini, Ngamen untuk mendapat sumbangan demi saudaranya di Lampung.

Aksi yang sama kembali akan dilakukan selama tiga hari kedepan “Ya ini aksi kepedulian kami di Klungkung…ternyata mendapat dukungan yang luar biasa,” ujar Puja Darsana yang akrab disana Mupu tersebut. SUS-MB