Foto: Suasana acara sosialisasi pembentukan Program Studi Bahasa Korea yang dilaksanakan secara daring, Senin (21/2/2022).

Denpasar (Metrobali.com)-

Senin, 21 Februari 2022, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Dr. Made Sri Satyawati, S.S.,M.Hum. gelar acara sosialisasi pembentukan Program Studi Bahasa Korea. Dalam sambutannya, disebutkan bahwa pembentukan Program Studi Bahasa Korea mendapatkan dukungan penuh dan positif dari Bapak Rektor Universitas Udayana. Acara yang berlangsung dengan penuh motivasi ini diselenggarakan oleh Ketua Korean Language and Cultural Centre FIB Unud, Dr. I Gusti Agung Istri Aryani.  Dalam kegiatan ini hadir juga Wakil Dekan I, I Nyoman Aryawibawa, S.S., M.A, Ph.D, Wakil Dekan III, Dr. Dra. Ni Ketut Ratnawati Erawati, M.Hum., Ketua UP3M, Ibu Silvia Damayanti, S.S., M.Hum., Sekretaris Korean Centre, Ibu Ni Made Ayu Widiastuti, S.S., M.Hum., dan seluruh tim taskforce yaitu Renny Anggraeny, S.S., M.Pd. (Koordinator Kriteria 1 Kurikulum) dengan anggotanya Nissa Puspitaning Adni, S.S., M.Hum., I Nyoman Tri Ediwan, S.S., M.Hum., Ni Ketut Alit Ida Setianingsih, S.S., M.Hum., Kadek Dedy Prawirajaya R., S.S., M.Si., Putu Eka Guna Yasa, S.S., M.Hum., Zuraidah, S.S., M.Si., Fransiska Dewi Setiowati Sunaryo, S.S., M.Hum., Putu Lirishati Soethama, S.S., M.Hum. (Koordinator Kriteria 2 Dosen) dengan anggotanya Yana Qomariana, S.S., M.Ling., I Gusti Ngurah Parthama, S.S., M.Hum. (Koordinator Unit Pengelola Program Studi) dengan anggotanya Ida Bagus Oka Wedasantara, S.Sos., M.Si., Novita Mulyana, S.S., M.Hum. (SPMI).

Kegiatan sosialisasi ini mengundang Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan dan Dekan FPBS Universitas Penddikan Indonesia Bandung, Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. dan Prof. Dr. Tri Indri Hardani, M.Pd. Dalam sambutannya, mereka menekankan bahwa mereka akan mendukung pembentukan prodi ini dan akan selalu siap membantu berbagai hal yang dibutuhkan oleh FIB Unud. Prof. Didi yang kala pembentukan Prodi Pendidikan Bahasa Korea sebagai Dekan FPBS mengatakan bahwa modal pembentukan Program Studi Pendidikan Bahasa Korea di FPBS UPI adalah semangat. Pernyataan itu dibenarkan oleh Dekan FPBS  yang kala pembentukan itu menjadi WD I.

Baca Juga :
Nyaleg DPRD Bali, "Panglima Hukum" Mantra-Kerta Togar Situmorang Bantu Masyarakat Advokasi Hukum Gratis

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Didin Samsudin S.E., M.M.,CHCM, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Korea di UPI Bandung, Ketua Umum Asosiasi Program Studi Korea se-Indonesia (APSKI), SEKJEN Asosiasi Pengajar Bahasa Korea di Indonesia (AJARI), dan sekaligus Dewan Pengawas Perkumpulan Lembaga Pelatihan Bahasa Korea di Indonesia (PELBAKORI) telah memberi arahan kepada peserta yang sekaligus panitia penyusunan proposal di FIB. Di sela-sela penyampaian sosialisasinya, Didin mengatakan siap untuk membantu Tim Taskforce FIB Unud.

Ketua Korean Language and Cultural Centre yang sekaligus sebagai ketua panitia panitia sosialisasi sangat terharu saat kegiatan berlangsung karena mendapatkan dukungan yang begitu besar dari jajaran pejabat dan Narasumber UPI Bandung. Ketua panitia dan tim merasa optimis bahwa Prodi ini dapat segera terbentuk. Apalagi ada tuntutan pasar yang mulai mempertanyakan kapan prodi Bahasa Korea terbentuk.

Pemaparan yang diberikan oleh Didin Samsudin sungguh inspiratif dan memotivasi seluruh komponen yang ada di FIB untuk tetap bersemangat demi mewujudkan cita-citanya untuk membentuk Prodi Bahasa dan Budaya Korea di FIB Unud walaupun jalannya berliku. Didin juga menawarkan diri untuk membantu sepenuhnya dan mendampingi kepanitiaan yang ada sampai terbentuknya prodi. Kerjasama nantinya dengan Kedutaan Besar Korea, keperluan buku-buku penunjang dari Korea, dan pengajuan bantuan dana pun akan dikawal oleh beliau. Sungguh beruntung FIB mendapatkan orang-orang yang bersedia membantu sepenuh hati.

Pihak UPI Bandung menawarkan pembuatan Kerjasama antara Fakultas Ilmu Budaya dan Universitas Pendidikan Indonesia yang akan mendukung program-program bersama selanjutnya. Dekan FIB berterimakasih kepada pihak UPI dan akan mempertimbangkan bantuan dan rencana kerjasama tersebut untuk keuntungan kedua belah pihak. Wakil Rektor Dekan UPI beserta jajarannya mengatakan bahwa FIB akan dimasukkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan sepenuhnya akan membantu FIB Unud apalagi Rektor Unversitas Udayana sudah mendorong pembentukan Prodi baru ini.

Baca Juga :
Denpasar Kota Kreatif, Walikota Rai Mantra Launching Karya Inovasi SMA

Dekan FIB Unud menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof Didi, Prof Indri, dan Didin Samsudin atas dukungan yang disampaikan mereka. Semoga semangat UPI dan FIB Unud terus berkobar, tidak kenal lelah dan selalu berusaha demi mewujudkan cita-citanya untuk membesarkan nama Lembaga Unud sehingga dikenal lebih luas, tidak hanya di kalangan lokal, nasional, tetapi juga di kalangan Internasional. Sebagaimana disebutkan oleh Ibu Dekan, rencana ini akan dikebut setelah merupakan program akreditasi internasional untuk tiga Program Studi FIB yaitu Prodi Sastra Indonesia, Prodi sastra Inggris, dan Prodi Sastra Jepang. Jayalah FIB sepanjang masa. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id