marie-elka

Denpasar (Metrobali.com)-

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dijadwalkan membuka kegiatan Sanur Village Festival (SVF) 2014 di kawasan Pantai Segara Sanur, Kota Denpasar, Bali, Rabu (20/8).

“Kami sudah mengirim surat ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar Menparekraf Ibu Mari Elka Pangestu hadir membuka acara SVF ke-9,” kata Ketua Panitia SVF 2014 Ida Bagus Gde Sidharta Putra di Sanur, Bali, Selasa (19/8).

Ia mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari Kemenparekraf mengenai kepastian yang akan hadir pada acara tersebut.

“Kami masih menunggu konfirmasi lebih lanjut, apakah ibu menteri bisa hadir pada ajang tahunan SVF tersebut,” katanya.

Menurut Ketua Yayasan Pembangunan Sanur itu, kegiatan tahunan itu selalu menampilkan kreativitas dan penggali potensi masyarakat Sanur yang dikenal dengan desa wisata.

“Desa Sanur sudah sejak dahulu dikenal dengan desa wisata. Bahkan seorang pelukis berkebangsaan Belgia yang bernama Le Mayeur memilih desa tersebut sebagai tempat tinggalnya untuk mendapatkan inspirasi melukis hingga akhir hayatnya. Bahkan tempat tinggalnya saat ini dikenal dengan Museum Le Mayeur,” katanya.

Dikatakan, masyarakat Sanur sejak dulu bermata pencaharian sebagai nelayan, namun seiring waktu perkembangan zaman saat ini, nelayan tersebut tetap melaut mencari ikan pada malam hari, tetapi pada siang hari mereka berprofesi sebagai pelayan jasa bagi wisatawan yang ingin menikmati laut di kawasan Sanur.

“Para nelayan tersebut sudah membentuk kelompok untuk memberi jasa bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya panorama laut Sanur,” katanya.

Sidharta Putra mengatakan pada SVF tersebut potensi masyarakat juga akan dipamerkan, dan dilakukan perlombaan seperti lomba jukung, memancing dan lainnya.

“Di areal SVF juga disajikan kuliner, baik kuliner masyarakat lokal, seperti Men Weti juga kuliner dari restoran dan hotel di Sanur dengan harga yang terjangkau masyarakat,” katanya. AN-MB 

Baca Juga :
Polisi Jepang Cari Berlian Curian Senilai Rp 25 Miliar