Dandim 1801/Manokwari, Kolonel Inf. Juniras Lumban Toruan (berdiri).(Antara/Toyiban)

Papua Barat, (Metrobali.com)-

Kodim 1801/Manokwari, Papua Barat, kembali memperoleh bantuan sebanyak 250 pasukan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

“Sudah tiba di Manokwari tadi pagi (30/8). Mereka datang secara bertahap dengan pesawat Hercules. Saat ini kami tampung di Kodim,” kata Dandim 1801/Manokwari Kolonel Inf Juniras Lumban Toruan, Jumat.

Ia menjelaskan, saat ini situasi keamanan di Manokwari sudah semakin kondusif. Kedatangan pasukan Kostrad tersebut untuk membantu Polri menciptakan kondusifitas keamanan di kota peradaban tersebut.

“Ini untuk antisipasi, di daerah lain masih ada aksi. Kita antisipasi agar hal serupa tidak kembali terjadi di Manokwari,” katanya.

Prajurit Kostrad dari Malang, Jawa Timur tersebut akan berada di Manokwari sampai daerah ini benar-benar aman. Ia pun berharap masyarakat tidak terpovokasi aksi massa di Jayapura.

Ia menegaskan, TNI siap membantu Polri dalam menciptakan keamanan di Manokwari. Kodim terus berkoordinasi dengan Polres Manokwari terkait keamanan di daerah itu.

“Kita di Manokwari sudah cukup aman. Aktivitas masyarakat dan pemerintahan pun sudah berjalan seperti biasa. Mari kita jaga sama-sama agar kondisi seperti ini terus berlanjut,” ujarnya.

Polda Papua Barat pada Jumat (30/8) melaksanakan gelar pasukan di Manokwari untuk mengantisipasi aksi di Jayapura, Papua, agar tidak terjadi di Papua Barat.

Personil pengamanan dipertebal di sejumlah obyek vital untuk memastikan bahwa Manokwari aman. (Antara)

Baca Juga :
Gubernur Komit Beri Ruang Untuk Seniman