Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, di hadapan ribuan warga Nusa Penida, dalam kampanye di GOR Nusa Penida, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, Selasa (8/5/2018).

Klungkung (Metrobali.com)-

Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra memang kaya dengan gagasan dan program visioner untuk memeratakan pembangunan Bali. Termasuk dalam urusan menggali dan mengembangkan potensi pariwisata, konsep dan program Rai Mantra selama ini cukup teruji saat menjadi Walikota Denpasar dua periode.

Raj Mantra pun cukup jeli melihat celah dan potensi pengembangan pariwisata di kawasan Nusa Penida yang sejauh ini masih tertinggal dibandingkan Bali Selatan. Ia mengakui jika Nusa Penida memiliki potensi wisata yang luar biasa dan bisa menjadi primadona baru destinasi pariwisata di Bali jika digarap serius dengan konsep dan program yang tepat. Tidak bisa disamakan dengan konsep pariwisata di Bali Selatan.

Di hadapan ribuan warga saat berkampanye di  GOR Nusa Penida, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Selasa (8/5/2018), Rai Mantra menegaskan ingin mendorong konsep blue and green tourism untuk Nusa Penida. Konsep ini seperti ecotourism (ekowisata), sejenis pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Melalui konsep blue and green tourism, Rai Mantra ingin wisatawan yang berlibur ke Nusa Penida bisa melihat alam dari dekat, menikmati keaslian alam dan lingkungan, serta mencintai alam dan budaya setempat.

“Jadi kita ingin, lautnya tetap biru, alamnya tetap hijau, budayanya tetap terjaga,” tegas Rai Mantra.

Dengan konsep blue and green tourism, Rai Mantra yang berpasangan dengan Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) pada Pilgub Bali 2018, mendorong pariwisata Nusa Penida tidak mengutamakan fasilitas akomodasi yang modern atau glamour layaknya kawasan Bali selatan.

Baca Juga :
Rangkul Keberlanjutan Pendidikan Rai Mantra Serahkan 8.500 Kotak Pensil kepada siswa Warga KRB

Rai Mantra mengonsepkan pariwisata Nusa Penida dengan kesederhanaan, memelihara keaslian alam, menjaga keaslian seni dan budaya, adat-istiadat, kebiasaan hidup (the way of life), menciptakan ketenangan, kesunyian, memelihara flora dan fauna, serta merawat lingkungan hidup yang asli.

“Kami ingin pariwisata budaya yang menjadi komitmen kita, tetap kita junjung. Karena itu dalam pengembangan pariwisata ini, kita harus tetap menjaga keseimbangan alam dan budaya yang ada,” tandas Rai Mantra.

Selain Rai Mantra, hadir pula pada kesempatan tersebut pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Nomor Urut 2, Nyoman Suwirta dan Made Kasta (Suwasta), Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bali Ida Bagus Putu Sukarta, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Klungkung Wayan Baru, jajaran KRB Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, serta tokoh masyarakat Nusa Penida.

Pewarta : Widana Daud

Editor     :  Hana Sutiawati