Foto: Kegiatan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh mahasiswa Universitas Udayana.

Denpasar (Metrobali.com)-

KKN PPM Periode XXIV Universitas Udayana di Desa Ubung Kaja mengangkat tema “Optimalisasi Pengelolaan Sampah untuk Mewujudkan Desa Ubung Kaja yang Mandiri dan Asri”. Tema tersebut dipilih karena dengan harapan dapat membantu mengatasi masalah utama Desa Ubung Kaja saat ini, yaitu terkait pengelolaan sampah. Selain memberikan informasi pengelolaan sampah yang tepat agar memiliki nilai ekonomis dengan memberikan penyuluhan daur ulang sampah, kegiatan KKN Unud periode XXIV di Desa Ubung Kaja juga menyasar pada kesejahteraan petugas kebersihan TPS 3R di Desa Ubung Kaja dengan memberi pelayanan kesehatan serta sosialisasi dan edukasi K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Kegiatan ini telah berlangsung di TPS3R Uma Asri selama dua kali, yaitu pada tanggal 12 dan 26 Februari 2022 dengan koordinator Ayu Bintang Rena Sanjiwani Budhiarta, salah satu anggota KKN Desa Ubung Kaja dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk cek tensi dan pemberian vitamin kepada para pekerja di TPS3R. Para pekerja TPS3R memperoleh informasi mengenai tekanan darah dan kondisi Kesehatan tubuh secara umum lainnya.

Jika ada pekerja TPS3R yang memiliki keluhan, mahasiswa dari Fakultas Kedokteran dalam kelompok KKN Ubung Kaja akan memberikan solusi baik berupa pengobatan awal maupun langkah pemeriksaan medis selanjutnya. Sebanyak total 20 pekerja di TPS3R Uma Asri tampak mengikuti kegiatan dengan antusias. Pelayanan terhadap masalah kesehatan dan keselamatan petugas TPS3R diharapkan dapat dapat meningkatkan kinerja petugas TPS3R agar lebih efektif yang selanjutnya juga akan berpengaruh terhadap optimalisasi pengelolaan sampah di Desa Ubung Kaja. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id

Baca Juga :
Rai Mantra Anugrahkan Penghargaan Insan Muda Kreatif Dan Inovatif