Foto: Tokoh Milenial Bali Agung Manik Danendra (AMD) yang dijuluki The Real Sultan Dermawan dari Bali dan Pejuang Hindu Nusantara.

Denpasar (Metrobali.com)-

Luar biasa fenomenal!!! Tokoh Milenial Bali Agung Manik Danendra (AMD) tidak pernah berhenti bikin heboh dengan berbagai aksi spektakulernya.

Setelah bikin heboh dengan bagi-bagi kapal nelayan, membantu umat membangun pura di Jawa dan Sumetera dan segudang aksi sosial lainnya, tokoh yang dijuluki The Real Sultan Dermawan dari Bali dan Pejuang Hindu Nusantara ini kini menggeber aksi membangkitkan ekonomi UMKM Bali.

AMD, tokoh asal Puri Tegal Denpasar Pemecutan ini mendukung penuh upaya menggeliatkan UMKM Pulau Dewata dalam acara Semarak Kreativitas Seni & Budaya: Tumbuhkan Ekonomi Denpasar Bali Bangkit” yang bakal digelar selama dua hari, 27-28 Agustus 2022 di areal Lapangan Renon tepatnya di sebelah timur Monumen Bajra Sandhi Renon, Denpasar.

AMD yang bernama lengkap Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, SH., MH., MKn., ini, tanpa berpikir panjang merogoh uang dari kantong pribadinya untuk membantu acara UMKM ini yang digelar  Karang Taruna Kota Denpasar. Bagi AMD yang dikenal punya konsern serius membangun ekonomi Bali ini, para UMKM ini adalah pahlawan ekonomi di tengah masa pandemi karena mereka mampu bertahan dan menjadi tulang punggung menggerakkan perekonomian daerah.

“UMKM terbukti mampu bertahan di masa-masa krisis baik saat krisis 1998 hingga pada saat pandemi menghantam perekonomiana Bali yang terkontraksi sangat dalam. Jadi saya ingin menguatkan mereka untuk bisa bangkit bersama-sama menyongsong pemulihan ekonomi,” kata tokoh Puri yang memang dikenal humanis suka berbagi dan beryadnya, memiliki pengalaman organisasi, intelektual tinggi dan disegani kaum milenial ini.

Baca Juga :
Sebagian sekolah di Jayapura pulangkan siswa karena ada demo

Acara Semarak Kreativitas Seni & Budaya: Tumbuhkan Ekonomi Denpasar Bali Bangkit” yang disuppport penuh oleh AMD ini diisi pameran UMKM baik di bidang kuliner, kerajinan, fesyen dan lainnya. Dimeriahkan juga dengan fashion show, dance zumba, kreativitas tari budaya, gebyar jalan sehat hingga berbagai lomba untuk anak-anak seperti lomba menggambar dan mewarnai.

Sebelum menggeber aksi membantu UMKM ini, program Bedah Rumah juga dilakukan team AMD bersama rekan-rekan karang taruna belum lama ini. Masih banyak juga segudang kegiatan AMD yang mendapat apresiasi dari kaum muda dan tua yang dilakukan tokoh yang satu ini, tokoh yang dikenal membumi ini sampai dijuluki The Real Sultan Dermawan dari Bali.

Kiprah AMD membantu membangun ekonomi Bali memang tidak perlu diragukan lagi. Sebelumnya AMD mendukung milenial Bali mendirikan startup AMD Camp, AMD for US yang membantu menggerakkan ekonomi UMKM di aplikasi mobile. AMD dikenal juga dekat dengan milenial Bali bahkan ditokohkan sebagai Tokoh Milenial Dewata karna banyak memberi dukungan dan fasilitas kepada anak-anak milenial Bali seperti mendukung berbagai kegiatan komunitas Anak Milenial Dewata, mensupport perkumpulan kelompok belajar ilmiah bahkan ada yang dapat beasiswa keluar negeri, hingga mendirikan startup.

Patut diteladani memang kiprah tokoh asal Puri Tegal Denpasar Pemecutan ini yang gemar berbagi, dijuluki sebagai Sultan Dermawan dan dikenal sebagai Pejuang Hindu Nusantara karena telah banyak membantu umat untuk membangun pura di banyak daerah di luar Bali. AMD juga berada di garda terdepan menjaga Taksu Bali.

Salah satunya dengan mengelar Karya Agung Upacara Padudusan Agung lan Piodalan Ida Ratu Bhatara-Bhatari Puri Tegal Denpasar Pemecutan jangkep antuk Pecaruan Manca Kelud Rsi Gana bertepatan dengan Purnama Karo, Jumat (12/8/2022). Aura kesucian dan kuatnya taksu Bali bangkit bersinar dan terpancar dari Puri Tegal Denpasar Pemecutan melalui Karya Agung Upacara Padudusan Agung ini.

Baca Juga :
BNN Periksa Urine Siswa SMPN 5 Denpasar

Belum lama ini kepedulian Sultan Dermawan AMD patut diacungi jempol saat meyelamatkan bayi malang yang terbungkus dalam kardus yang ditemukan Tim Karang Taruna Denpasar di seputaran Jalan Tibung Sari, Banjar Kwanji, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, pada Senin malam 28 Maret 2022. AMD langsung memberikan bantuan yang menjadi segala kebutuhan untuk perawatan dan kehidupan bayi malang ini yang diserahkan melalui Ketua Karang Taruna Denpasar.

Tidak sampai di sana, bertepatan dengan Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada Kamis, 7 April 2022, Sang Sultan Dermawan AMD kembali menyerahkan bantuan untuk sesama.  Bersama dengan Perbekel Desa Sanur Kaja Made Sudana dan Ketua Karang Taruna Kota Denpasar I Ketut Ngurah Aryawan, AMD berjalan kaki menelusuri gang sempit untuk menyerahkan bantuan kursi roda membantu anak disabilitas di Desa Sanur Kaja bernama pada Ni Putu Siwi Darmini Collin, anak perempuan berumur 4 tahun. (dan)