Lomba Jukung Meriahkan NPF 2016 

single-image

img_7669

Klungkung ( Metrobali.com ) –

Lomba perahu layar tradisional (jukung) meriahkan Nusa Penida Festival 2016, Minggu (9/10). Lomba diikuti sebanyak 11 peserta dari kalangan nelayan di Desa pesisir di Nusa Penida.

Sebanyak 11 nelayan beradu kecepatan pada lomba yang mengambil start di pantai Bantununggul, Nusa Penida. Mereka beradu kelihaian dalam mengarahkan jukungnya menuju rute yang telah ditentukan. Peserta dari garis start menuju kearah timur menuju pantai Songaya di Desa Suana. Disini peserta harus memutari bendera yang dipasang panitia dan kembali kegaris finish di pantai Batununggul. Adapun jarak yang ditempuh sejauh 18 kilometer.

Koordinator lomba, Putu Rai Sudarta mengatakan jumlah peserta sebanyak 11 orang dari Desa pesisir di Nusa Penida. Diantaranya Desa Batununggul, Kutampi dan Suana. Adapun jarak yang harus ditempuh adalah sejauh 18 kilometer. “Peserta harus melewati bendera yang dipasang di pantai Suana. Apabila tidak sampai melewati dinyatakan diskualifikasi,” ujarnya.

Menurutnya, lomba ini selain untuk memeriahkan Nusa Penida Festival juga untuk memotivasi dan menguji keahlian para nelayan dalam mengarahkan jukungnya. “Disini nelayan dicoba keahliannya mengarahkan jukung dengan layar,” jelasnya.

Semua peserta lomba jukung yang berhasil melewati rute akan ditetapkan sebagaj juara. Mereka nantinya akan diurut dan memperoleh hadiah sesuai kecepatan waktu tempuh. SUS-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Tim Ekonomi Prabowo-Hatta Bantah Lakukan Transaksi Saham

Leave a Comment

Your email address will not be published.