Mangupura (Metrobali.com)-

Pemerintah Kabupaten Badung amat sangat menyadari bahwa Tumbuh dan berkembangnya seni dan Budaya Bali tersebut ada di desa adat, mengingat simpul-simpul seni adat dan Budaya itu berada di desa Adat. “Berangkat dari kesadaran dan komitmen dalam mengajegkan seni dan Budaya tersebut maka upaya mendorong dan meningkatkan eksistensi Desa Adat termasuk sekaa Teruna di Kabupaten Badung menjadi salah satu perhatian serius pemerintah. untuk mewujudkan komitmen pemberdayaan masyarakat adat tersebut maka salah satu media pembinaannya adalah melalui lomba desa adat dan sekha Teruna. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Badung saat menyerahkan hadiah lomba desa adat dan sekaa Teruna se-kabupaten Badung tahun 2012 di Wantilan Pura Dalem, Desa Adat Balangan, Selasa (6/11).

Penyerahan hadiah oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta kepada Desa Adat Balangan dan Sekaa Teruna (ST) Dharma Yowana Br. Balangan, Mengwi yang  keluar sebagai juara I dalam lomba Desa Adat dan Sekaa Teruna se-Kabupaten Badung Tahun 2012. didampingi oleh  Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta dan Kadis Kebudayaan IB Anom Bhasma. Turut hadir Ketua WHDI Badung Ny. Ayu Sudikerta, Camat Mengwi I Nyoman Suardana beserta Tim Penilai Kabupaten Badung.

Untuk juara II diraih Desa Adat Canggu dan ST Wreksa Asti Br. Kayu Tulang, Kuta Utara, Juara III Desa Adat Umahanyar dan ST Bala Carya Mukti Br. Umahanyar Abiansemal dan Juara IV Desa Adat Plaga dan ST Pagar Wahana, Petang. Masing-masing juara mendapat piagam penghargaan dan hadiah uang. Untuk juara I lomba Desa Adat mendapat hadiah uang sebesar Rp. 65 juta, juara II Rp. 45 juta, juara III Rp. 40 juta dan juara IV Rp. 35 juta. Sementara juara I Sekaa Teruna meraih uang sebesar Rp. 25 juta, juara II Rp. 17 juta, juara III Rp. 15 juta dan juara IV Rp. 13 juta. Hadiah dipotong pajak sebesar 15 persen.

Baca Juga :
Gemakan Tagline Baru “Bersatu Membangun Bali”, NasDem Bali Ajak Segenap Elemen Bahu Membahu Membangun Bali Dengan Kesadaran "Menyama Braya"

Dibagian lain Sudikerta juga  menekankan agar melalui lomba ini krama Desa Adat maupun Sekaa Teruna dapat mengimplementasikan apa yang telah diperoleh melalui pembinaan-pembinaan dari Tim Pembina dalam kehidupan sehari-hari. Sementara awig-awig yang telah ada diharapkan pula dijadikan dasar didalam memecahkan suatu permasalahan yang timbul di Desa Adat maupun Sekaa Teruna.  “Lomba ini kami pandang sangat baik dalam upaya mengajegkan seni, adat dan budaya bali serta penerapan konsep Tri Hita Karana dan akan dilaksanakan berkesinambungan,” tambahnya.

Kepada Sekaa Teruna yang meraih juara I diharapkan untuk siap-siap mewakili Badung dalam menyongsong lomba Sekaa Teruna tingkat Provinsi Bali tahun 2013 mendatang. Disisi lain Wabup. Sudikerta juga menyampaikan, dalam memotivasi kegiatan positif dari sekaa teruna, dalam Tahun Aggaran 2013 mendatang Badung telah menganggarkan dana sebesar Rp. 5 juta untuk masing-masing Sekaa Teruna yang jumlahnya 546 Sekaa Teruna di Badung. IKA-MB