Kuta (Metrobali.com)-

Peringatan 10 tahun bom Bali akan digelar besok, Jumat 12 Oktober 2012. Rencananya peringatan yang dihelat untuk kali terakhir itu akan dihadiri Perdana Menteri Australia Julia Gillard. Konsulat Jenderal Amerika Serikat dan sejumlah pejabat lainnya juga akan hadir pada peringatan yang dipusatkan di Garuda Wisnu Kencana (GWK) itu.

Menurut Wakapolda Bali, Brigadir Jenderal Ketut Untung Yoga, sebanyak 2.000 undangan dan delegasi akan hadir.

“Undangan dan delegasi mencapai 2.000 orang. Untuk pengamanan PM Australia, kita mengikuti protokoler negara yaitu oleh Paspampres. Sementara kami berkoordinasi di bawahnya,” kata Untung Yoga di lokasi acara, Kamis 11 Oktober 2012.

Sementara itu, soal merebaknya ancaman teroris sebagaimana disampaikan kemarin, Untung Yoga menyebutnya hingga kini situasi masih kondusif.

“Hingga saat ini situasi masih kondusif. Kami melakukan pengamanan bekerjasama dengan semua pihak dengan sangat maksimal,” kata dia.

Ia menegaskan, dari hasil deteksi aparat keamanan di bawah, belum dideteksi adanya gerakan ke arah tindak terorisme. “Belum ada ke arah itu,” kata dia.

“Kami menjaga keamanan dengan maksimal.” Sementara itu, pantauan di lapangan, penjagaan ketat mulai dilakukan. Aparat keamanan gabungan TNI Polri sudah tiba di lokasi. Tim Detasemen Khusus 88 Mabes Polri sudah bersiaga di lokasi.

Sejumlah alat pengamanan mulai dipersiapkan. Dua unit mobil penjinak bom disiagakan di sekitar lokasi. Mobil Barracuda juga sudah siap siaga. Rencananya, malam ini proses sterilisasi lokasi peringatan bom Bali I untuk terakhir kalinya itu dilakukan. Mulai pukul 20.00 WITA malam ini, masyarakat umum mulai dilarang memasuki lokasi acara, kecuali mereka yang memiliki ID Card resmi yang dikeluarkan panitia acara.

Bersamaan dengan sterilisasi, penyisiran lokasi pun bakal dilakukan. Pengamanan sendiri akan dilakukan empat lapis hingga lokasi acara. Sebelumnya Ketut Untung Yoga menyatakan jika pengamanan peringatan 10 tahun bom Bali I berada di level tertinggi. “Untuk pengamanan berada di level tertinggi,” kata Untung Yoga. BOB-MB

Baca Juga :
Tingkatkan SDM Pelayanan Publik di Badung, DPMPTSP Selenggarakan Bimtek Pelayanan Prima