pengunjung pameran

Metrobali.com)-

Final Lomba Desain Kendaraan Pedesaan (Kendes) Indonesia telah digelar pada Jumat (10/3) siang di Gedung Bali Creative Industri Centre (BCIC) , Tohpati Denpasar.

Kelima Finalis Desain Mock Up Kendes yang berasal dari Argani Grand Pick Up oleh tim Telkom University, Waprodes-Diesel oleh tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Gentayu oleh tim Universitas Diponegoro (Undip) dan Modasena oleh tim Universitas Negeri Semarang (Unnes), yang menghadirkan dua mock-up mobil pedesaan melakukan presentasi dihadapan dewan juri.

Menurut Presiden Institut Otomotif Indonesia, Made Dana Tangkas dalam keterangan tertulisnya hari ini, Jumat (10/3) siang mengatakan bahwa kelima desain mock up dari para finalis lomba Kendes ini akan dipersiapkan di Tahun 2018 mendatang.

“Kelima Desain Mock Up dalam lomba Kendes ini merupakan generasi ketiga dari Mobil Pedesaan,” tegasnya.

Sedangkan Generasi Kedua Kendaraan Pedesaan , tuturnya telah disiapkan prototypenay dari tim IOI dan rencananya akan dilaunching pada 17, Agustus mendatang di Istana Negara , bertepatan dengan perayaan HUT RI ke 72.

“Tanggal 17 Agustus 2017 akan kita launching di Istana Negara. Ini pertaruhan kita supaya proyek ini bisa jalan terus,” jelasnya.

Dewan Pembina Perkumpulan Industri Kecil dan Komponen Otomotif (PIKKO) ini menekankan bahwa IOI mempunyai target agar Kendaraan Pedesaan ini dapat dilakukan mass production (produksi Massal) pada Tahun 2018 mendatang.

“Tahun depan mudah-mudahan bisa diproduksi massal,” tutupnya.

Ditempat yang terpisah, Dosen Pembimbing tim Universitan Negeri Semarang (Unnes), Ahmad Mustamil Khoirun,  mengatakan bahwa kriterian dan ketentuan desain mock up dalam lomba ini telah dibakukan oleh IOI.

“Kriteria desain mock-up sudah ditentukan oleh Institut Otomotif Indonesia (IOI) dan Kementerian Perindustrian. Proses perakitan desain mock-up butuh waktu 2 minggu,” jelasnya.

Baca Juga :
Membanggakan!!! 10 Bandara Angkasa Pura I Raih Akreditasi Pelayanan Bandara Tingkat Dunia dari ACI

Menurut Agenda, IOI Akan mengumumkan pemenang lomba desain mock up Kendaraan Pedesaan ini pada Sabtu (11/3) di BCIC Denpasar dalam gelar Closing Ceremony Bali Industri Kreatif Expo 2017. RED-MB