Lestarikan Tradisi, WBP Rutan Klas II B Negara Mepatung

single-image

Keterangan foto: Empat ekor babi hasil pembinaan warga binaan Rutan Negara yang tergabung dalam pokja peternakan babi dipotong, mulai hari Minggu (7/11/2021 dan Senin (8/11) pagi/MB

Jembrana (Metrobali.com) –

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Negara, Kabupaten Jembrana melakukan Mepatung atau potong babi bersama-sama. Mepatung merupakan tradisi umat Hindu menjelang hari raya Galungan dan Kuningan.

Bertempat di Grita Vinaya Farm Rutan Kelas IIB Negara, empat ekor babi hasil pembinaan warga binaan Rutan Negara yang tergabung dalam pokja peternakan babi dipotong, mulai hari Minggu (7/11/2021 dan Senin (8/11) pagi.

Proses pemotongan babi dengan berat 60 Kg dilakukan oleh WBP pokja peternakan dengan pengawasan oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan serta staf Pengelola Pembinaan Kemandirian.

Daging babi yang telah dipotong dibagikan kepada 52 orang petugas rutan serta 8 orang WBP pada pokja peternakan babi yang nantinya akan diberikan kepada keluarga WBP.

Terdapat total 25 orang warga binaan yang melakukan pembinaan di bidang peternakan, perikanan dan perkebunan. Namun daging babi hanya diberikan pada 8 orang yang bekerja di peternakan babi dan bergama Hindu. Sedangkan yang lainnya diberikan paket konsumsi sejumlah daging babi dengan kurang lebih 3 Kg.

Karutan Kelas II B Negara Bambang Hendra Setyawan mengatakan prosesi pengambilan daging babi dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. “Kegiatan Mepatung sebagai tradisi menjelang hari raya Galungan patut kita lestarikan” ujarnya. MT-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Hari Raya Galungan , Bupati dan Wabup Jembrana Hadiri Rakor Dengan Presiden Secara Virtual

Leave a Comment

Your email address will not be published.