Lepas 200 Ekor Tukik di Pantai Klotok, Wabup Kasta : Kelestarian Fauna Yang Dilindungi Ini Harus Kita Jaga Bersama-sama

metrobali
single-image

Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H. melepas 200 ekor tukik di Pantai Klotok, Kabupaten Klungkung, Jumat (25/6).

 

Klungkung (Metrobali.com)-

Kelestarian budidaya tukik atau anak penyu harus dijaga bersama dengan sebaik-baiknya, jangan biarkan keberadaan mereka sampai punah. Hal tersebut disampaikan saat Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H. melepas 200 ekor tukik di Pantai Klotok, Kabupaten Klungkung, Jumat (25/6). Kegiatan yang diawali dengan melaksanakan apel ini dalam rangka menyambut Hari Bayangkara ke-75 tahun 2021 yang juga dirangkaikan dengan kegiatan bakti sosial penyerahan paket sembako kepada masyarakat pesisir pantai yang terdampak covid-19.

Wabup Kasta sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya penyu merupakan salah satu fauna yang dilindungi karena populasinya yang terancam punah. Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian habitat penyu, adanya kesadaran masyarakat sekitar mengenai perlindungan penyu juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga kelestariannya. “Saya sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Tempat penangkarannya pun sudah dirancang oleh pemerintah daerah, tetapi karena dana direfokusing untuk menangani covid-19 akhirnya ditunda menjadi tahun depan. Nah, mudah-mudahan nanti dapat berjalan lancar agar budidaya untuk pelastrian fauna ini bisa terjaga dengan sebaik-baiknya,” ujar Wabup Kasta.

Selain itu, Wabup Kasta juga memberikan semangat kepada warga pembudidaya tukik/anak penyu untuk tetap menjaga kelestariannya. “Semoga pemerintah pusat juga bisa memberikan solusi terbaik untuk bersama-sama menangani pelestarian habitat langka ini terutama untuk tempat penangkaran dan makanannya,” harap Wabup Kasta.

Sementara, Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, S.I.K., M.H. mengatakan rangkaian kegiatan ini dalam rangka untuk menyambut Hari Bayangkara ke-75 tahun 2021. Ada sebanyak 200 penyu yang dilepas dan beberapa paket sembako diserahkan kepada warga pesisir Pantai Klotok yang terdampak covid-19. “Rangkaian kegiatan peduli sesama ini merupakan program Polri dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak langsung pandemi covid-19, yang dikemas dalam bhakti sosial dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke-75 tahun 2021, kami berharap bantuan yang kami salurkan bisa membantu meringankan beban hidup masyarakat yang kurang mampu dan tepat sasaran,” Ucap Kapolres Klungkung.

Baca Juga :
Pura Sad Khayangan Penida "Dijajah", Investor Bertingkah: Gubernur Koster Harapan Terakhir Kembalikan Laba Pura

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.