Denpasar, (Metrobali.com)-

PLP 1 (Pengenalan Lapangan Persekolahan 1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar dilaksanakan di SMA Ngurah Rai Kerobokan, di mana PLP 1 merupakan kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa dengan melakukan kegiatan observasi tentang pengenalan kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kerja sekolah terkait pengajaran, visi dan misi sekolah, kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan sekolah seremonial formal, praktik kebiasaan positif di sekolah, serta ketersediaan sarana dan prasarana. PLP 1 kali ini dilakukan dengan sistem piket, hal ini dikarenakan pelaksanaannya berlangsung pada masa pandemi covid 19, sehingga mahasiswa yang melakukan observasi di sekolah dibagi menjadi dua kelompok untuk menghindari adanya kerumunan dan keramaian dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Kegiatan PLP 1 di SMA Ngurah Rai Kerobokan diawali dengan penerjunan yang beragendakan penyerahan mahasiswa FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar yang beranggotakan 10 orang, yaitu Ni Putu Septari Maryani, Ni Luh Putri Pramesti Artayani, Kade Purwaregina Yunita dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Oktavianus Lede Nono dari Program Studi Pendidikan Biologi, Ni Nyoman Sri Gayatri, Ni Putu Ayu Tiah Mutiara Sari, Ni Made Tiwi Rahayu, Desak Made Mita Dwipayani, I Gusti Ayu Diah Wulandari, Ni Kadek Dela Aryaningsih dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan didampingi oleh dosen pendamping dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Ida Ayu Made Wedasuwari, S.Pd.,M.Pd) kepada pihak sekolah yang diterima langsung oleh kepala sekolah. Kepala SMA Ngurah Rai Kerobokan (Drs. I Nyoman Sutomo) menyambut baik pelaksanaan PLP 1 dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk dapat melaksanakan PLP 1 secara optimal. Lebih jauh lagi beliau menambahkan bahwa “PLP 1 yang dilaksanakan oleh mahasiswa  FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar dapat dijadikan langkah awal untuk mahasiswa dapat menganal situasi tempat mereka nantinya bekerja. PLP 1 diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik, walaupaun mahasiswa tidak secara utuh dapat melihat kegiatan di sekolah karena pada saat ini sedang berlangsung PJJ”.

Baca Juga :
Polres Amankan Tiga Pengecer Togel

PLP 1 dilaksanakan oleh mahasiswa dari tanggal 14 Februari – 15 April 2022 di mana mahasiwa akan didampingi oleh guru pamong yang sudah ditunjuk oleh kepala sekolah untuk membantu mahasiswa dalam memperoleh data yang dibutuhkan. Kepala sekolah berharap agar kedepannya PLP 1 tetap dilaksanakan di SMA Ngurah Rai Kerobokan sehingga pihak sekolah dapat memberikan andil dalam membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman lapangan untuk membangun jati diri mahasiswa sebagai calon guru dan untuk memantapkan kompetensi mulai dari akadamik dan juga bidang studi. Selain itu, mahasiwa juga akan memperoleh pengalaman kerja secara konkret melalui praktik secara langsung di sekolah sehingga mahasiswa tidak hanya mempunyai pengetahuan teoretis tetapi juga memiliki pengetahuan praktik.

 

Penulis : Ida Ayu Made Wedasuwari, S.Pd., M.Pd, Ni Putu Saptari Maryani, Ni Luh Putri Pramesti Artayani, Kade Purwaregina Yunita, Ni Nyoman Sari Gayatri, Ni Putu Ayu Tiah Mutiara Sari (FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar).