Mangupura (Metrobali.com)-

Ahli pemasaran Hermawan Kartajaya memberikan kiat jitu pemasaran.  Tahun ini, kata dia, sangat efektif menggunakan teknologi informasi secara online atau berjaringan untuk mempromosikan sebuah produk.

“Jika tidak mempromosikan produknya secara online, maka akan tergeser oleh produk-produk baru yang kian semarak menawarkan produknya melalui jasa berjaringan tersebut,” kata Hermawan Kartajaya pada acara “Awarding Bali Service Excellence Award 2012” di Tuban, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu, 28 Januari 2012.

Jika ditilik dari perusahaan-perusahaan di negara maju, kata Hermawan, mereka tak lagi mempromosikan produknya dengan pola konvensional.

“Mereka berpikir sudah lebih maju untuk masa depan pengembangan usahanya. Karena dengan online, siapa pun bisa mengakses dengan mudah dan tidak terbatas dengan waktu,” katanya.

Namun, fenomena di Indonesia hingga saat ini, penggunakan promosi produk masih menggunakan strategi konvensional. Lima tahun ke depan, seiring dengan kemajuan IT dan gencarnya provider menawarkan paket murah internet, maka promosi dengan strategi konvensional lambat laun tidak laku.

“Para pengusaha harus tanggap terhadap kemajuan IT. Setiap produk harus dipromosikan melalui online. Dan, untuk biaya promosi melalui online juga lebih murah,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata dia, kesempatan untuk mempromosikan dengan kemajuan IT yang cukup pesat akan lebih mudah.

“Tergantung pintar-pintarnya dari pihak perusahaan tersebut untuk menangkap peluang dari promosi lewat media online,” katanya.

Menurut Hermawan, selain mempromosikan lewat media online, produk yang ditawarkan juga harus ditingkatkan kualitasnya. Sebabnya di tengah persaingan yang begitu hebat tak menutup kemungkinan produk-produk baru kualitasnya setara.

“Kualitas yang dimaksud pada produk yang telah terkenal. PR-nya adalah bagimana mampu mempertahankan brand perusahaan. Tentu dengan meningkatkan kualitas produksi, termasuk juga mampu bersaing dalam penjualan harga,” katanya.(bentarabali.com/ckl/abg)

Baca Juga :
Menpan Apresiasi Demo Honorer K2 Tertib