Gianyar (Metrobali.com) –
Setelah sempat hampir tiga minggu traffic light atau lampu lalu lintas di Perempatan depan Pasar Blahbatuh padam. Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Gianyar turun untuk memperbaiki, Kamis (21/3). Keterlambatan ini menurut Kepala Dishub. Infokom, I Wayan Arthana disebabkan sulitnya mencari alat pengganti.
“Kabel kontroler yang ada dibawah tanah konsleting, hal itu yang menyebabkan lampu lalin di perempatan Blahbatuh padam,” jelas Wayan Arthana.
Padamnya lampu lalu lintas (lalin) tidak hanya di perempatan Blahbatuh saja, lalin yang ada di perempatan Kemenuh juga mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan beberapa waktu lalu disambar petir, malah lalin di Kemenuh tidak bisa diperbaiki dan harus diganti total.
Arthana juga menjelaskan, lampu lalin yang tersebar di 25 titik di wilayah Kabupaten Gianyar rata-rata sudah berumur 15 tahun  dan ini tentu sudah tidak efektif lagi,dan rata-rata semuanya menggunakan sistem manual. “ Sekarang kita baru punya traffic light digital, hanya yang di Singakerta Ubud saja,” tambah Wayan Arthana.
Untuk mengatasi masalah traffic light ini, pihaknya di Dinas Perhubungan telah menganggarkan di tahun 2013 ini akan mendapatkan 4 lampu traffic light dengan sistem digital. Rencananya lampu ini akan dipasang di wilayah Kemenuh, Blahbatuh, semebaung dan persimpangan Puri Gianyar.  Wayan Arthana juga menambahkan ia sangat berterimakasih atas laporan masyarakat terkait dengan padamnya lampu lalu lintas ini, sehingga pihaknya dapat mengantisipasi.
Dalam kesempatan itu Arthana juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penggunan jalan dan masyarakat, dan dapat memaklumi kondisi ini, sampai perbaikan yang akan secepatnya dilakukan Pemkab. Gianyar.TRA-MB
Baca Juga :
Kawinkan Dengan Pariwisata, Jurus Koster-Ace Tekan Alih Fungsi Lahan Pertanian