Buleleng, (Metrobali.com)

Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Buleleng, menggelar Rakercab Buleleng Tahun 2022 dan penguatan Unit Siaga Bencana (USB) Nayaka Adhirajasa Pramuka Peduli Angkatan III tahun 2022, di Gedung Pertemuan SMK Bali Mandara, pada Sabtu, (28/5/2022).

“Kita berharap Rapat Kerja Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Rakercab) Buleleng ini, bisa menjadi wahana mensosialisasikan program kerja Tahun 2022 dan menghasilkan rencana kerja Tahun 2023 yang terukur dan sistematis.” Ucap tegas Kakwarcab Gerakan Pramuka Buleleng, Drs. Gede Suyasa,M.pd saat membuka Rakercab.

Menurutnya Rakercab Buleleng tahun 2022 ini merupakan suatu evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang sudah terlaksana dalam masa bakti kepengurusan tahun 2021 serta membahas hal-hal strategis lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Buleleng.

“Rakercab Buleleng tahun 2022 dapat dihasilkan secara musyawarah mufakat. Sehingga, kedepannya bisa mengajak anggota generasi muda untuk bergabung di Pramuka. Karena kami yakin saat ini pramuka menjadi solusi handal untuk mengawal generasi muda ke arah yang lebih baik,” ucapnya.

Iapun menegaskan pada kegiatan penguatan pendidikan dan latihan USB Nayaka Adhirajasa pramuka peduli tahun 2022 yang diikuti oleh pramuka penegak dan pandega, diharapkan dapat menumbuh kembangkan semangat kerelawanan dan kesetiakawanan sosial dalam diri anggota gerakan serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, khususnya dalam penanganan bencana sebagai bagian upaya memperkuat kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Dalam rakercab tahun ini, dilaksanakan empat forum pembahasan yakni, komisi A, B, C, dan D.
Pada komisi A membahas dan mengevaluasi pelaksanaan dari rencana kerja yang sudah ditetapkan, serta membahas hal-hal strategis yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Buleleng.

Sedangkan Komisi B, membahas rencana kerja tahun 2022 bidang pembinaan anggota muda, pembinaan anggota dewasa, pendidikan dan pelatihan, dewan kerja, satuan karya pramuka, satuan komunitas dan gugus darma.

Baca Juga :
Ny Putri Koster: Branding dengan Pemasaran Online Cara Perajin Bertahan di Masa Pandemi, Ini Yang Harus Diperhatikan

Komisi C, membahas rencana kerja tahun 2022 bidang organisasi, hukum, perencanaan, penelitian, pengembangan, usaha, aset, inovasi, dan kreativitas, serta komisi D, membahas rencana kerja tahun 2022 bidang pengabdian masyarakat, bela negara, kehumasan, data, informatika. GS