Keterangan foto: Ilutrasi siswa SMA

Jembrana (Metrobali.com) –

Setelah dibukanya SMA Negeri 3 di Kecamatan Negara, kuota lulusan SMP yang bersekolah di SMA Negeri tahun ini bertambah. Sebelumnya lulusan SMP di Kecamatan Negara tertampung di SMA Negeri yang ada di Kecamatan Jembrana.

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA Kabupaten Jembrana I Putu Prapta Arya mengatakan pendaftaran PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) untuk SMA Negeri 3 tahun ajaran 2021 ini sudah dibuka.

Dengan dibukanya SMA Negeri 3 ini menurutnya ada tambahan kuota untuk kelulusan SMP di Kecamatan Negara dan sebagian Kecamatan Melaya.

“Meskipun bangunannya belum ada sementara untuk pendaftaran dan proses belajar mengajar SMA Negeri 3 semester satu di SMA Negeri 1 Negara”terang Prapta Arya yang juga Kepala SMA N 1 Negara ini.

Menurutnya dibangunnya SMA N 3 Negara atas banyak pertimbangan seperti zonasi Kecamatan Negara jauh dari SMA Negeri. Karena selama ini ada dua SMA Negeri untuk zonasi Kecamatan Negara, yakni SMA Negeri 1 Negara dan SMA Negeri 2 Negara.

“Rencananya SMA Negeri 3 akan dibangun di wilayah desa Baluk. Nantinya mencakup lulusan SMA sederajat di seputaran wilayah Negara dan Melya karena disana merupakan zona blank spot” ujarnya.

Di awal tahun ini SMA N 3 Negara sambungnya, sementara menampung tiga kelas atau sekitar 111 siswa dengan masing-masing rombongan belajar (rombel) per kelas maksimal 37 siswa.

Sementara lanjutnya, total jumlah SMA Negeri di kabupaten Jembrana saat ini ada tujuh SMA Negeri. Diantarnya dua di Kecamatan Mendoyo, dua di Kecamatan Jembrana dan masing-masing satu SMA Negeri di Kecamatan Negara, di Pekutatan dan Melaya. MT-MB

Baca Juga :
Kuasa Hukum Yonda: Tuduhan Pungli Terhadap Yonda Tidak Tepat