Kukuhkan Paskibraka, Sekda Dewa Indra Ingatkan Merah Putih Berkibar Karena Pengorbanan

single-image

Gubernur Bali yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra melakukan Pengukuhan 58 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2018

Denpasar (Metrobali.com)-

Gubernur Bali yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra melakukan Pengukuhan 58 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2018 di Halaman Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Rabu (15/8). Upacara pengukuhan didahului dengan pengucapan Ikrar Putera Indonesia.

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan bahwa tugas anggota Paskibraka bukan hanya sekedar mengibarkan bendera pusaka pada pagi hari dan menurunkannya pada sore hari. “Anggota paskibraka ini akan menjadi kader-kader yang ditempa untuk memiliki wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme yang tinggi, sehingga dengan demikian mereka menghayati betul bahwa bendera merah putih itu bukan sekedar kain berwarna merah putih lalu kita kerek ke atas menjadi bendera,” kata Dewa Indra.

Menurut Sekda Dewa Indra, Bendera Merah Putih adalah hasil perjuangan bangsa Indonesia yang sangat panjang yang menimbulkan korban jiwa dan korban harta benda yang sangat banyak. Oleh karena itu penghormatan dan penghayatan terhadap bendera merah putih harus kita lakukan dengan penuh hikmat, Ia menambahkan. “Untuk bisa mendapatkan ke-hikmatan itu, maka dia (anggota Paskibraka) harus menghayati betul bagaimana proses bendera merah putih itu bisa berkibar menghadapi penjajahan yang sangat panjang itu,” ujarnya. Kalau tidak dengan penghayatan yang penuh terhadap wawasan kebangsaan, terhadap proses bendera itu bisa berkibar tanggal 17 Agustus tahun 1945 maka mereka tidak bisa melaksanakan  dengan baik, tutup Dewa Indra.

Sekda Dewa Indra juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada para pembina dan pelatih yang telah membina para anggota Paskibraka selama satu bulan sehingga siap mengemban tugas penting mengibarkan Sang Merah Putih. Pada pengukuhan ini 58 anggota Paskibraka lengkap didampingi pasukan pengawal/pengaman yang berasal dari unsur TNI/POLRI.

Baca Juga :
Devisa Hasil Kerajinan Bali Turun 13 Persen

Pengukuhan anggota Paskibraka Provinsi Bali yang akan bertugas pada tanggal 17 Agustus 2018 ini dihadiri oleh anggota Forkopimda se-Bali, Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Bali dan undangan lainnya.

Editor : Whraspati Radha

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.