Foto: Ketua Umum Kadin  Bali A.A. Ngurah Alit Wiraputra S.H.,M.H., bersama Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd., menandatangani MoU peningkatan kualitas SDM tenaga kerja Bali di sela-sela acara Wisuda Universitas Mahasaraswati yang digelar di Hotel Westin, Nusa Dua, Rabu (26/9/2018).

 

 

Denpasar (Metrobali.com)-

 

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali terus melakukan langkah-langkah nyata mendorong dan mempercepat peningkatan kualitas SDM tenaga kerja Bali agar dapat bersaing di dunia kerja dan sektor industri yang dinamika berubah dengan cepat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memperkuat kemitraan atau jalinan kerjasama dengan berbagai lembaga perguruan tinggi di Bali dalam menyiapkan SDM tenaga kerja Bali yang berdaya saing global.

 

“Kadin menyadari bahwa tantangan tenaga kerja ke depan semakin kompleks di tenaga perubahan kebutuhan dunia industri yang bergerak cepat dan adanya disrupsi inovasi digital. Maka SDM kita harus kita genjot daya saing agar siap pakai di dunia kerja,” kata  Ketua Umum Kadin  Bali A.A. Ngurah Alit Wiraputra S.H.,M.H., di Denpasar, Jumat (28/9/2018).

 

Salah satu jalinan kerjasama yang baru dilakukan yakni dengan Universitas Mahasaraswati Denpasar yang ditandai dengan penandatangan MoU (nota kesepahaman) di sela-sela acara Wisuda Universitas Mahasaraswati yang digelar di Hotel Westin, Nusa Dua, Rabu (26/9/2018). MoU ini sebagai pedoman bagi para pihak dalam melaksanakan sinergi kerjasama bidang peningkatan mutu SDM tenaga kerja Bali yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi, keahlian, dan fasilltas yang dimiliki masing-masing pihak.

 

“Hal ini  dalam rangka meningkatkan mutu SDM tenaga kerja Bali agar siap bersaing di tingkat regional mauun global,” tegas Alit Wiraputra yang juga caleg DPR RI dapil Bali dari Partai Gerindra nomor urut 2 itu.

Baca Juga :
BPK Bali Gelar Lokakarya Untuk Media

 

Ruang lingkup MoU ini meliputi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui berbagai kegiatan. Pertama, peningkatan mutu SDM Bali, khususnya henaga kerja Bali yang siap memasuki dunia kerja. Kedua, penyelenggaraan pelatihan, training, workshop, seminar, dan kegiatan lain yang saling menguntungkan.

 

Ketiga dalam hal penelitian, khususnya penelitian yang akan diterbitkan sebagai rekomendasi dalam bidang perekonomian dan pembangunan. “Kadin Bali dan Universitas Mahasaraswati juga akan saling bertukar informasi mengenai peluang kegiatan peningkatan mutu SDM tenaga kerja Bali,” kata Alit Wiraputra.

 

Sementara itu Rektor Universitas Mahasaraswati Denpasar Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd., menyambut baik kerjasama dengan Kadin Bali ini. Sebab lembaga pendidikan menjadi garda terdepan untuk menyiapkan SDM tenaga kerja Bali yang kompeten, terampil dan berdaya saing global.

 

“Lembaga pendidikan perlu lebih banyak menggandeng pelaku usaha dan organisasi pengusaha sehingga lebih tahu apa yang menjadi kebutuhan industri dalam hal tenaga kerja,” pungkas Sukamerta.

 

Pewarta:  Widana Daud

Editor : Whraspati Radha