Klungkung ( Metrobali.com )
Tidak puas dengan hasil penghitungan suara Pemilukada Klungkung, puluhan masa demo ke KPUD Klungkung. Kedatangan puluhan masa tersebut langsung dihadang satu pleton pasukan Dalmas awal dari Polsek Klungkung. Negoesasi sempat dilakukan agar masa tidak melakukan aksi anarkis, merusak pasilitas umum.

Dengan menggunakan tali bertuliskan Polisi pasukan Dalmas awal menghadang masa. Masa saling dorong bahkan saling pukul dengan pasukan Dalmas awal tersebut. Situasi semakin memanas entah dari mana menyusul puluhan masa ikut bergabung dengan masa yang berusaha menembus tali yang direntangkan pasukan Dalmas awal.

Melihat setuasi yang tidak memungkinkan untuk menghadang masa yang semakin bringas, kemudian Kapolsek Kota Klungkung Kompol I Ketut Suartha langsung mengontak Polres Klungkung untuk minta banyuan. Selang beberapa menit kemudian datang bantuan dari Polres satu kompi Dalmas lanjutan dengan kekuatan 116 orang yang dipinpin Komandan Kompi Dalmas Lanjutan AKP Wayan Suarsika yang juga Kasat Samapta Polres Klungkung. Pasukan Dalmas lanjutan ini dengan perlengkapan pentungan, helm serta pakaian anti huru hara serta tameng langsung melakukan lintas ganti dengan menghadang masa yang semakin bringas.

Dengan pormasi bersap pasukan Dalmas lanjutan menghadang masa yang terus melakukan perlawannan untuk mendesak agar bisa  masuk ke kantor KPU Klungkung. akhirnya Kompi Dalmas lanjutan dari Polres Klungkung tersebut langsung mekukan formasi paruh lembing untuk mendorong masa. Dan masa berhasil didorong keluar kemudian dilakukan formasi bersap untuk memecah kekuatan masa. Selanjutnya puluhan masa membubarkan diri untuk kembali ke rumah masing masing.

Sekanario Demontrasi kurusuhan Pilkada itu digelar di halaman Mapolres Klungkung pada Selasa ( 5/2 ) sekira pukul 15.30 wita. Kantor SPK Polres Klungkung sendiri diseting sebaga kantor KPUD Klungkung dan menjadi sasaran masa.
Latihan Demontrasi ini disaksikan langsung Kapolda Bali Irjen Pol Drs Arif Wachyunadi didampingi Kapolres Klungkung AKBP Dra Ni Luh Sri Yudayatni Wirawati, Sik.

Baca Juga :
HUT ke-1, JTB Gelar Tanya Jawab Soal Pertanian

Sementara dalam latihan tersebut di Bantu oleh personil dari Kodim 1610 Klungkung sebagai masa atau bulshit.
Selaian itu hadir juga Karorena Polda Bali Kombespol I Gde Mahendra Jaya dan Dirlantas Polda Bali Kombespol
Drs Syamsul Bahri.

Kapolda sempat memeriksa perlengkapan dan kesiapan Ranmor dan peralatan lainya seperti Senpi dan senjata gas air mata dan yang lainya. Kapolda juga langsung mengambil apel dengan tampil sebagai irup. Selain itu Kapolda sebelumnya sempat mengunjungi Polsek Kota dan melihat lahan atau tanah di Dusun Yangapi, Desa Akah dimana nantinya akan dipergunakan untuk kantor Polsek Klungkung yang baru.

Sementara dalam kesempatan itu Kapolda juga langsung memberikan pengarahan kepada jajaran Polres Klungkung di aula Nusa Penida, Mapolres Klungkung. “Ya untuk melihat kesiapan dari dekat peralatan dan personil yang ada,” ujarnya. ini dilakukan karena tahun 2013 berbagai hajatan akan digelar di Bali.

Salah satunya adalah APEC yang akan digelar di Nusa Penida. Selaian itu Bali juga dalam waktu dekat akan melakukan pengemanan Pilgub Bali bulan Mei mendatang dan Pilkada Klungkung bulan Agustus mendatang. Untuk APEC Kapolda mengakui berupaya mengecek kekuatan personil. Ini dilakukan agar tahu beberapa kekuatan personil dan kondisi peralatan yang ada. “Kalau memang kurang bisa saja kita minta bantuan Polda tetangga,” ujarnya. Untuk itu dirinya harus memastikan dulu kemampuan dan kekuatan Personil Polda Bali, termasuk juga di Polres Klungkung.

Kapolda juga berpesan kepada jajaran Polres Klungkung agar siap sedia. Sebagai wilayah yang cukup dekat dengan Denpasar, personil Polres klungkung bisa saja diperlukan setiap saat untuk membeckup pengamanan APEC.

Kapolda juga menekankan kepada anak buahnya agar senantiasai memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Pakaian, gaji dan semua perelatan itu dari rakyat melalui pajak rakyat dan itu harus kita kembalikan kepada rakyat dengan memberikan pelayanan prima kepada rakyat,” ujarnya di depan pasukan Polres Klungkung.

Baca Juga :
Presiden Jokowi akan Upayakan Pemerintahan yang Lebih Ramping

Sementara pengecekan pasukan yang dilakukan menurut Kapolda focus kepada semua kegiatan di Bali tahun 2013. gelar pasukan dilakukan untuk mengetahui kondisi pasukan bukan saja di Klungkung namun diseluruh Polres yang ada di Bali. SUS-MB