Denpasar (Metrobali.com)-

Kota Denpasar kembali menjadi bidikan lensa para fotografer . Keragaman dari berbagai sudut kota yang dijuluki sebagai kota budaya akan disajikan  lewat karya foto melibatkan  puluhan fotografer yang tergabung dalam Denpasar  Photographer Community (DPC). Sebanyak 50 karya foto akan dipamerkan serangkaian menyemarakan  Denpasar Festival  Ke-5 2012 yang digelar 27-31 Desember mendatang.

Kamis (27/12) sekira pukul 18.30 wita, pameran poto Denpasar  Photographer Community (DPC), dibuka oleh Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Loby Kantor Wali Kota. Napak hadir pada pameran tersebut Sekretaris Daerah Kota Rai Iswara, Ny. Rai Dharmawijaya Mantra, dan sejumlah kepala SKPD. Pameran poto dibuka dengan ditandai penandatangan oleh wali Kota Denpasar dan disaksikan para undangan.

Pameran yang dihelat kerjasama Pemerintah Kota Denpasar dengan  DPC mengangkat tema Denpasar Kotaku, Rumahku. Sajian  potret  dari 48 fotografer itu yang membidik realitas sosial kota Denpasar. Kurator pemeran Ian Sumatika mengatakan, dalam proses kurasi foto diikuti sebanyak 309 karya foto dari 75 fototografer. Dan  setelah melalui proses seleksi yang sangat selektif  akhirnya terpilih  50 karya foto dari 48 fotografer

“Sebenarnya semua foto layak pameran, namun karena kesamaan ide dan lokasi pemotretan terpaksa jumlahnya tidak di loloskan,”  terang Ian, Rabu (26/12). Dikatakan dalam proses  penilaian kurasi, pihaknya menegaskan karya karya foto yang dinilai sesuai dengan tema yang di angkat. Yakni  meliputi tentang Denpasar sebagai Kota Pusat ekonomi dan kreatif, sebagai kota pusat budaya, kota pendidikan, dan kota yang mampu menjaga kerukunan umat beragama atau menjaga multikultur.

Lanjut dia, penilaian foto ini berdasarkan variasi foto. “ Terutama tak  terlepas dengan tema yang diangkat yakni Denpasar Kotaku, Rumahku, ” ucapnya.  Nah, bicara antusias peserta  fotografer yang mengikuti pameran kali ini memang diakui cukup tinggi.  Terbukti,  begitu banyak karya foto yang mengikuti proses kurasi. “Untuk tahun ini, terlihat geliat fotografer lebih antusias dan juga ada peningkatan tapi mesti mampu  mengeksplorasi karya- karya yang beda dari yang lainnya sehingga tidak ada kesamaan ide serta tempat dalam foto, ” paparnya.

Baca Juga :
Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, PLN Kembangkan 104 Desa Wisata Melalui Program TJSL

Untuk diketahui, 48 fotografer yang mengikuti pameran kali ini. di antaranya, Wali Kota Denpasar,  I.B. Rai Dharmawijaya Mantra yang mengabadikan potret penari topeng berjudul Ekspresi (#), dan sederetan fotografer Bali yang berulang kali meraih prestasi di tingkat Nasional dan Internasional seperti, Anom Manik Agung (Baris Ketekok Jago), Haryadi Wijaya (Bajra Sandhi Afterhours), Made Adi Dharmawan (Pecahkan Balon), dan I Ketut Widiatmika (Anak-Anak Denpasar). Selain itu, pameran ini juga dimeriahkan oleh pewarta foto di Bali seperti Adrian Suwanto (Dulu dan Kini I), Yudi Karnaedi (Sang Pekerja), Agung Parameswara (Penangkaran Tukik) dan Yuda Riyanto (Tanggap Bencana) dan sejumlah fotografer lainnya yang tergabung dalam DPC. SUR-MB