241116-koramil-06-kelapa-gading-bersama-polres-metro-jakut-melaksanakan-simulasi-penanganan-kerusuhanJakarta (Metrobali.com)-

 

 

Perkembangan situasi politik dan Keamanan Ketertiban Masyarakat di Ibu Kota Jakarta makin memanas, dengan maraknya informasi-informasi rencana demo tanggal 25 Nopember dan 2 Desember 2016 yang akan datang sebagai reaksi atas penanganan dugaan penistaan agama yang dianggap oleh kelompok tertentu belum memenuhi tuntutan mereka.

 

Komitmen dari unsur pimpinan Muspida untuk menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat di Ibu Kota Jakarta dilaksanakan secara serius. Kapolri dengan komitmen nya menjaga Ibu Kota telah mendatangkan pasukan Brimob diluar Jawa untuk diperbantukan kepada Polda Metro Jaya, untuk meyakinkan kepada warga Jakarta bahwa situasi aman terkendali.

 

Panglima TNI dengan komitmennya juga menyatakan siap memback up tugas-tugas Kepolisian apalagi setelah nyata adanya upaya memecah belah umat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari kelompok-kelompok tertentu dengan memanfaatkan momentum demo besar-besaran umat islam atas dugaan penistaan agama yang dilakukan calon Gubernur Petahana Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok di Pulau Seribu beberapa waktu yang lalu.

 

Tindak lanjut dari komitmen para pimpinan Petinggi Polri dan TNI untuk menjaga keamanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya di Ibu Kota Jakarta, seluruh aparat Kepolisian Resort Metro di bawah Polda Metro Jaya bersinergi dengan Satuan-satuan TNI dan Pemda bahu membahu menatrilisir keadaan dan meyakinkan warga Jakarta bahwa stabilitas keamanan masih dalam kendali.

 

Apel Tiga Pilar yang diselenggarakan oleh Polrestro Jakut di beberapa titik rawan di tiap-tiap kecamatan wilayah hukumnya selain mengecek kesiapan seluruh aparat terkait juga merupakan bagian stategi untuk memberi jaminan rasa aman kepada warga bahwa setiap kemungkinan kejadian yang berimplikasi pada kerusuhan massal sudah ditempatkan aparat-aparat untuk melindunginya. Selain itu juga memberi efek detrance bagi sekelompok orang yang berniat melakukan tindakan anarkis untuk mengurungkan niatnya minimal akan timbul keraguan untuk melancarkan aksinya.

Baca Juga :
Denpasar Serius Terapkan RTR Kawasan Strategis Pusat Kota 2014

Rabu (23/11/2016)  Polrestro Jakut dengan segenap jajarannya dan melibatkan Koramil-06/KG serta Satpol PP melaksanakan apel Simulasi kesiapan penanganan kerusuhan di wilayah hukum Jakarta Utara, sebagai respon menanggapi kecemasan warga akan perkembangan situasi pada 25 Nopember dan 2 Desember yang akan datang.

 

Warga sangat berterimakasih atas respon dari aparat yang dengan tidak mengenal lelah selalu ada ditengah-tengah warga untuk memberi rasa aman dan nyaman dilingkungannya. RED-MB