Konjen AS Joaquin Menserate langsung mengunjungi SMA Bali Mandara

Singaraja (Metrobali.com)-

Menindaklanjuti pertemuannya dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Rabu (5/3) lalu, Konjen AS Joaquin Menserate langsung mengunjungi SMA Bali Mandara yang terletak di Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Dalam kunjungannya Kamis (6/3), Konjen Joaquin didampingi langsung oleh Gubernur Pastika.

Dalam kesempatan itu, Konjen Joaquin menegaskan kembali komitmennya untuk merealisasikan kesepakatan Pemerintah AS dan Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan. Ia berjanji akan memfasilitasi Kadek Satria Wijaya, lulusan SMA Bali Mandara yang telah diterima di 3 Universitas di Amerika Serikat. Dia akan mengupayakan agar yang bersangkutan bisa mendapatkan beasiswa dari sponsor. Joaquin menambahkan bahwa di negaranya banyak sekali sumber-sumber bea siswa, baik yang didanai pihak swasta maupun pemerintah.

Setelah melihat langsung SMA Bali Mandara, Joaquin mengungkapkan kekagumannya. Dia telah mengunjungi banyak sekolah di Indonesia baik swasta maupun negeri di Indonesia, namun dia melihat sesuatu yang istimewa di SMA Bali Mandara. “Sekolah ini memiliki nilai lebih dan saya berharap bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia,” tambahnya. Selanjutnya dia menginformasikan bahwa Presiden Barack Obama dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah menyetujui kesepakatan untuk mendukung pendidikan di Indonesia mulai jenjang SD hingga Perguruan Tinggi.

Gubernur Pastika mengucapkan terima kasih atas perhatian dan komitmen Pemerintah AS terhadap dunia pendidikan, khususnya di Bali. Lebih jauh dia menjelaskan bahwa Kadek Satria telah mengikuti seleksi di 3 Universitas di AS yaitu Kentucky, Missouri, dan Kansas. “Kadek Satria sudah dinyatakan diterima di ketiga universitas tersebut, hanya saja hingga saat ini dia belum menentukan pilihan,” ujarnya.

Gubernur sengaja mengajak Konjen AS berkunjung ke sekolah tersebut agar dapat  melihat langsung bagaimana proses pendidikan dan selanjutnya bisa memberi saran untuk perbaikan ke depannya. Lebih dari itu, dia juga berharap Konjen AS bisa memfasilitasi lulusan SMA Bali Mandara untuk melanjutkan ke universitas di luar negeri khususnya di Amerika Serikat. AD-MB

Baca Juga :
Kemenperin Prioritaskan Pengembangan Industri Kimia Dan Logam