Buleleng, (Metrobali.com)

KONI Buleleng memiliki terobosan baru untuk memotivasi para atlet yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali pada 20 – 27 Nopember 2022 mendatang.

Dimana sebanyak 484 atlet Kontingen Buleleng yang akan berlaga di Porprov Bali 2022, pada Minggu, (25/9/2022) mengikuti tes psikologi, guna menguatkan mental menjelang bertanding, di Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Wakil Ketua II KONI Buleleng dr. Made Budiawan mengatakan dalam segitiga piramida prestasi, tidak hanya daya tahan fisik dan kemampuan atlet, namun mental bertanding seorang atlet sangat penting untuk di perhatikan, melalui tes psikologi.

“Mental bertanding ini, seolah-olah menjadi sesuatu yang abstrak. Namun demikian dalam olahraga, kekuatan mental sangat penting dimiliki para atlet. Mental bertanding ini, akan terpantau dari September dan oktober. Sehingga atlet yang diterjunkan KONI Buleleng, benar-benar siap tanding. Mengingat KONI Buleleng memiliki komitmen untuk menerjunkan kontingen yang siap tanding baik dari Fisik, Kemampuan, dan Mental.”, jelasnya.

Ditegaskan juga bahwa mental bertanding untuk atlet itu sendiri, merupakan hal yang sangat penting. Jadi melalui tes psikologi, para pelatih dapat mengetahui kondisi mental atletnya dan tentu muaranya adalah prestasi.

”Dalam ajang Porprov Bali di Tahun 2022 ini, semua berharap mendapatkan medali emas, sehingga menjadi yang terbaik.” tandasnya.

Secara terpisah, Ketua Tim Tes Psikologi Nice Maylani Asril, S.Psi., M.Psi., Ph.D. mengatakan, dalam tes ini terhalang beberapa kendala media. Namun demikian dipastikan semua atlet dapat mengikuti tes.

“Dalam tes psikologi, terdapat 2 tes yaitu tes kecerdasan dan tes kepribadian para atlet. Kami akui dalam tes ini ada beberapa kendala pada media yang dipakai untuk tes para atlet. Patut disyukuri, kami dapat mengatasi kendala tersebut.” pungkasnya.

Tes psikologi yang kali pertama dilakukan ini, dihadiri Ketua Umum Koni Buleleng, Kabid Pemuda Disdikpora Buleleng, dan Ketua Umum Pengkab di masing-masing cabang olahraga yang dipertandingkan. GS