Kolom Mingguan AMD Creating Tomorrow, Today: Strategi Pemasaran Produk UMKM melalui Aplikasi Besutan AMD.Camp untuk Ekspansi Pasar ke Luar Negeri

Metro Bali
single-image

Foto: AMD (baju putih) bersama team milenial digital dengan salam segitiga AMD yaitu AMD For Us, AMD Milik Kita Untuk Kita & Lingkungan.

Denpasar (Metrobali.com)-

Digitalisasi dan Era Internet telah mendorong bertumbuhnya aktivitas trading export dan import dalam dua dasawarsa terakhir dan masih terus akan berkembang hingga jauh ke masa depan.

Hal ini merupakan potensi bertumbuh yang berpotensi besar untuk merambah expansi pasar yang lebih luas dan memungkinkan produk anda dikenal secara global.

Peluang dan potensi inilah yang mendorong AMD.Camp membesut dua model bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan brand-nya secara global melalui www.iamdibali.digital dengan apps IAMDIBALI dan www.AMD.Card dengan apps AMD FORUS CARD yang dapat diunduh melalui PlayStore.

Secara umum, Bali sangat tergantung pada pariwisata disamping dikenal sebagai exporter kerajinan kelas dunia yang memiliki design dan material yang khas. “Ini adalah potensi besar yang sustainable namun memerlukan proses promosi yang konsisten sekaligus platform untuk menampilkan produk yang up-to-date yang tentunya memerlukan strategi penetrasi menerus, celah dan proses ini dapat dilakukan melalui platform kami,” ujar AMD membuka percakapan tentang Kolom Mingguan AMD hari ini, Minggu (27/12/2020).

“Platform AMD dibangun melalui riset yang simultan yang didedikasikan untuk UMKM sehingga fitur ya dapat bertumbuh sejalan dengan adaptasi kebutuhan UMKM menuju kancah global,” terang AMD.

IAMDIBALI memiliki fitur lengkap, mirip marketplace yang sudah lama dikenal seperti Amazon, Alibaba dan Tokopedia namun dilengkapi dengan fitur lokasi terdekat sehingga dapat pula dimanfaatkan untuk promosi lokal , domestic dan global secara berjenjang.

Ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi dan penetrasi secara konsisten dan permanen seumur hidup platform yang memang dibangun dengan format yang sustainable.

Baca Juga :
KPK periksa Ketua Pansus Hak Angket dalam kasus e-KTP

“UMKM dapat menggunakannya secara gratis tanpa biaya subscription, platform fee dikenakan hanyanpada transaksi dan itupun baru akan dikenakan pada tahun depan,” lanjut AMD memaparkan fitur platform IAMDIBALI.

“Yang lebih unik adalah platform policy yang menyediakan classified open competition yang memungkinkan UMKM bersaing pada level yang sama serta Fair Policy, sehingga UMKM memperoleh kesempatan yang sama untuk selanjutnya hanya berfokus pada kualitas produk,” papar AMD melanjutkan.

“Target kami adalah expansi global UMKM berbasi export secara berjenjang, secara strategis pola Pemasaran pun dibangun berjenjang, itu sebabnya peluang pasar lokal sekitar pun kami buka dengan menampilkan lokasi toko offline UMKM sehingga Konsumen dapat langsung berbelanja ke Toko anda,” imbuh AMD.

Salah satu besutan AMD.Camp yang didedikasikan untuk Bali adalah AMD.Card yang merupakan Kartu Membership Digital yang merupakan platform promosi berbasis discount, Digital Card ini International Oriented dan memiliki living structure platform untuk membangun loyalitas Pelanggan dan Publikasi Discount sebagai media promosi dan transaksi, ini juga dilengkapi dengan fasikitas transaksi online.

“Sangat modern dan pasti menguntungkan bagi semua pihak baiknuser maupun merchant,” papar AMD menjelaskan fitur AMD.Card yang dibesut oleh AMD.Camp

Bagi AMD, di masa pandemi ini adalah saat untuk tetap survive melalui media global sehingga tidak kehilangan moment atau depenetrasi brand, dan platform ini juga berbasis local, nasional dan international. Sebagai contoh adalah bila anda adalah pengusaha hotel, anda dapat menampilkan program early bird package atau format promosi lainnya pada AMD.Card.

“Begitu pula bila anda pengusaha retail, anda dapat menjadi merchant dengan menampilkan produk anda dengan promotional discount sehingga produk anda tetap dikenal. AMD.Card dibangun berdasar riset pada OTA (Online Travel Agent) seperti Traveloka dan sebagainya serta trending platform MarketPlace seperti Tokopedia yang sering melakukan seasonal promotion berformat diskon melalui Harbolnas dan lain lain,” ungkap AMD.

Baca Juga :
Tim Penillai Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi 2019 Apresiasi Kelurahan Sumerta, Sukses Ciptakan Beragam Inovasi, Jalin Sinergitas Program

Melalui media ini AMD mengajak semua stakeholder untuk bergandengan tangan membangun Bangkit Ekonomi Bali. “Tidak ada yang sempurna, namun semua tindakan baik ditujukan untuk mencapai kesempurnaan”, tutur AMD.

AMD juga mengingatkan bahwa salah satu platform besutan AMD.Camp yang menurut pengamat menyerupai Gojek dan Grab yaitu AMD.Express akan diarahkan sebagai pioneer energi bersih untuk menunjang program Bali Bersih yang digaungkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster (Koster Bali Satu-KBS).

“Saat ini kami sedang membangun komunikasi dengan pihak Penyedia Motor Listrik dan Stake Holder lainnya untuk membangun ekosistem Bali Bersih ini,” Pungkas AMD tokoh Humanis Peduli Bali yang bernama lengkap Dr.Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H.M.H.,M.Kn., Notaris Senior lulusan Universitas Gajah Mada ini mengakhiri perbincangan pagi ini. (wid)

Bagikan :
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Comment

Your email address will not be published.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});