Mangupura (Metrobali.com)

Sejarah Bangsa-Bangsa besar di dunia telah membuktikan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan pendorong utama kemajuan bangsa. Oleh karena itu pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) sangat diperlukan dalam rangka memberikan pengetahuan bagi para remaja. Demikian sambutan Bupati Badung yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Badung I.B.A. Yoga Segara, SH.MM saat membuka Pelatihan Karya Ilmiah Remaja bagi guru Pembina, siswa tingkat SMP, SMA, SMK se-Kabupaten Badung, Senin (8/8) di Hotel Batukaru Garden Ubung.

Bupati menambahkan, Pemerintah Kabupaten Badung memiliki komitmen yang pasti dan kuat untuk memajukan sektor pendidikan. Kemajuan disektor ini tidak semata-mata didorong oleh besarnya anggaran yang mendukungnya, melainkan juga hasil dari proses pendidikan. Salah satu proses pendidikan yang sangat mendorong kemajuan siswa dengan adanya penelitian-penelitian dan penemuan-penemuan baru melalui suatu karya ilmiah.

Dalam sekempatan tersebut Bupati mengharapkan, kegiatan ini hendaknya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dalam rangka memberikan pengetahuan tambahan tentang metode penulisan karya ilmiah sekaligus menjaring bibit-bibit penulis karya ilmiah potensial yang nantinya dapat tampil sebagai wakil Kabupaten Badung dalam lomba karya ilmiah ditingkat Propinsi Bali maupun Nasional. Kepada para peserta Bupati berpesan agar memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Ilmu yang didapat nantinya mampu dipergunakan disekolah masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda  dan Olah Raga Kabupaten Badung Drs. I Ketut Widia Astika,MM selaku ketua panitia melaporkan, pelatihan KIR berlangsung  selama 5 hari untuk siswa dan 3 hari untuk guru Pembina. Jumlah peserta sebanyak 90 orang, terdiri dari guru Pembina KIR 30 orang  dan dari siswa 60 orang. Penelitian akan dilakukan di dua lokasi yaitu Kecamatan Mengwi dan Kecamatan Abiansemal dengan mengarah penelitian pada obyek wisata, budaya, pertanian dan ekonomi produktif, juga mengangkat segala bentuk permasalahan yang ada di daerah masing-masing.

Baca Juga :
Wabup Suiasa Targetkan Bulan Juni Seluruh Masyarakat Badung Menerima Vaksin