Foto: Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana (PSR) dalam orasi budanya saat acara Silaturahmi dan Pertemuan Museum se-Indonesia di Hotel Kuta Paradiso, Kuta, Badung, Bali, Sabtu (4/6/2022).

Badung (Metrobali.com)-

Ketua Umum Asosiasi Museum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) menggelar acara Silaturahmi dan Pertemuan Museum se-Indonesia mengangkat tema “AMI Melangkah Maju Untuk Penguatan Kebudayaan Bangsa dan Peradaban Dunia”. Acara yang dilaksanakan di Hotel Kuta Paradiso, Kuta, Badung, Bali pada Sabtu (4/6/2022) diharapkan dapat menguatkan implementasi Sapta Karsa atau 7 (tujuh) cita-cita luhur terkait Permuseuman Indonesia.

“Kita berharap melalui kegiatan silaturahmi museum se-Indonesia ini Sapta Karsa Permuseuman Indonesia dapat terus kita gaungkan bersama,” kata Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana (PSR) dalam orasi budanya saat acara Silaturahmi dan Pertemuan Museum se-Indonesia yang dibuka Pimpinan Komisi X DPR RI Dede Yusuf dan Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah.

Lebih lanjut Supadma Rudana yang juga Anggota DPR RI Dapil Bali ini memaparkan Sapta Karsa yang dimaksud. Pertama, mendorong terwujudnya UU Permuseuman. Kedua, mendorong terbentuknya Badan Permuseuman Indonesia. Ketiga, membentuk Lembaga Sertifikasi dan Akreditasi museum.

Keempat, mendorong peningkatkan dan pengawalan SDM pengelola museum. Kelima, mengawal penganggaran yang komprehensif. Keenam, mengawal Kelembagaan Museum-museum di Indonesia Secara Menyeluruh. Ketujuh, menggaungkan kembali Gerakan Nasional Cinta Museum;

“Mari kita gunakan momentum ini untuk terus memperjuangkan, dan pada akhirnya mewujudkan cita cita luhur dan mulia permuseuman Indonesia, Sapta Karsa Asosiasi Museum Indonesia,” Menurut ajak Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat ini.

“Saya berharap cita-cita mulia Permuseuman Indonesia semakin terus diselaraskan dan dimutakhirkan dalam kaitannya dengan penguatan kebudayaan bangsa dan peradaban dunia, tutup politisi Demokrat asal Desa Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali ini yang juga dikenal sangat getol terus mempormosikan pariwisata dan seni budaya Bali ke dunia internasional. (wid)

Baca Juga :
Gubernur Bali Harapkan IPPI Beri Kontribusi Demokrasi