Bangli, (Metrobali.com)

Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki peranan besar dalam proses pembangunan, karena kondisi suatu keluarga dapat dijadikan sebagai tolak ukur terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK disetiap jenjang. Gerakan PKK hakekatnya merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif. Melalui gerakan PKK ini pula peran serta aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri. Demikian disampaikan oleh Ketua TP.PKK Kabupaten Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta dalam acara Sosialisasi Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 yang dilaksanakan di Kecamatan Kintamani pada Rabu (14/9/22) pagi.

Bertempat di Aula Kantor Camat Kintamani, Dihadapan seluruh Kader PKK Desa Se Kecamatan Kintamani, serta didampingi Sekretaris PKK Kabupaten Bangli I Dewa Ayu Putu Pusparini dan Ketua TP.PKK Kecamatan Kintamani Putu Sukma Prabaningrum,
Ny. Sariasih Sedana Arta menyampaikan hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 yang meliputi susunan kepengurusan PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kecamatan, Desa/ Kelurahan, hingga Kelompok- kelompok PKK ditingkat Dusun/ Lingkungan. Sosialisasi tentang atribut dan Penggunaan seragam Nasional PKK yang meliputi seragam resmi, seragam kerja, seragam lapangan, serta seragam untuk Staff ahli TP.PKK.

Pihaknya juga menyampaikan Program unggulan PKK Tahun 2021 hingga 2026. Program unggulan dilaksanakan melalui “Gerakan Nasional Keluarga Pelopor Perubahan” yang terdiri dari beberapa bidang diantaranya, Pembinaan karakter keluarga, Pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, Kesehatan keluarga dan lingkungan serta dukungan Sekretariat. Program unggulan tersebut dalam pelaksanaan di daerah diformulasikan kembali dan disesuaikan dengan kebutuhan situasi, supaya lebih banyak menyentuh langsung keluarga/ masyarakat dan dalam mendukung kebijakan pemerintah daerah. Sehingga kunci keberhasilan gerakan PKK harus didukung oleh Komitmen para pimpinan wilayah selaku pembina tim penggerak PKK di semua jenjang, Peran aktif dari Ketua Tim Penggerak PKK di semua jenjang serta partisipasi masyarakat. “Imbuhnya”
Ditambahkannya Kegiatan Sosialisasi dibagi menjadi dua sesi, diawali dari kecamatan Kintamani yang dilaksanakan di Kantor Camat Kintamani, mengingat kintamani merupakan wilayah dengan penduduk paling besar di Kabupaten Bangli. Kemudian sosialisasi kedua akan dilaksanakan pada jumat mendatang bertempat di ruang rapat kantor Dinas PKP Bangli dengan menghadirkan Kader-Kader PKK Desa / Kelurahan dari Kecamatan Bangli, Susut dan Tembuku. selanjutnya dalam waktu dekat TP.PKK Kabupaten Bangli juga akan melaksanakan kegiatan pelatihan 10 Program Pokok PKK kepada PKK Desa/Kelurahan dengan lokus yang sudah ditentukan oleh TP.PKK Kabupaten Bangli.

Baca Juga :
Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Sekehe Koi Bali Gelar Lomba Koi Merah Putih

Diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, para Kader PKK mampu memahami isi dan maksud dari hasil Rakernas ke IX PKK tahun 2021 serta mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang program-program yang akan dilaksanakan oleh PKK, baik dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Desa/ Kelurahan hingga ketingkat Dusun/ Lingkungan. (RED-MB)