gede bandgede-rahman

Denpasar (Metrobali.com)-

Gede Bagus begitu dia akrab disapa. Nama lengkapnya Gede Bagus Putra Perdana. Kelahiran Denpasar 14 April 1991 silam. Anak pertama dari pasangan Jro Nyoman Darsana dan Luh Putu Anggreni. Dia meraih sukses dalam dunia tarik suara sebagai jebolan kontes musik X-Factor Indonesia 2014.

Selain itu, juga sempat masuk Top 20 Indonesia Idol 2010 dan bergabung dengan kelompok musik Garis Band sebagai vokalis. Bahkan, dia telah mengembangkan bakatnya di dunia bisnis di bidang kuliner bernama Kedai Gede Bagus di Jl. Randu Kesima, Denpasar. Belum lama ini, dia pun telah melepas masa lajangnya dengan gadis asal Grimsby England (Inggris), Verity Nayona Wood, putri kedua pasangan Ronald Frederick Wood dan Ranel Nanoya Wood.

Sebagai vokalis sekaligus gitaris, Gede Bagus selama ini lebih dikenal secara nasional maupun dunia dengan single andalannya berbahasa Indonesia dan Inggris. Tapi, kini bersama dengan grup bandnya, GEDE yang didukung personilnya Erlangga (bas), Bajay (drum) mencoba menawarkan sesuatu yang baru kepada penggemarnya terutama pencinta musik di Bali. Sebagai langkah awalnya, grup band GEDE ini merilis sebuah single berjudul I Love You. Menariknya, meski judul lagunya berbahasa Inggris, tapi liriknya justru berbahasa Bali dalam balutan aliran musik pop rock modern.

Dalam jumpa pers, di Kedai Gede Bagus, Minggu (18/5) lalu, Gede Bagus dengan didampingi produser Jayagiri Production, I Gusti Ngurah Murthana, yang akrab disapa Rahman mengatakan bahwa sebenarnya dia bersama dengan rekannya, Erlangga dan Bajay ingin merilis album utuh. Tapi, setelah mempertimbangkan berbagai masukan dari berbagai pihak termasuk manajer Putu Arjawa alias Kejot dan tentunya produser, Rahman, akhirnya sebagai langkah awal memutuskan untuk merilis single berjudul I Love You.

Baca Juga :
Terkait Relokasi, Pedagang Pasar Negara Mengadu ke Dewan

Langkah ini sengaja diambil supaya dapat mendekatkan diri dengan para penggemarnya terutama pencinta musik di Bali. “Saya mungkin memang telah dikenal di Jakarta secara nasional maupun dunia melalui single berbahasa Indonesia dan Inggris. Tapi, saya justru akan merasa lebih senang bisa dikenal di Bali dengan single berbahasa Bali,” katanya.

Bahkan, untuk menyukseskan langkahnya tersebut, dalam sejumlah kesempatan dia selalu menyempatkan diri untuk dapat tampil di atas panggung musik di Bali. Di antaranya HUT ke-106 Puputan Klungkung dan HUT ke-22 Kota Semarapura, pentas musik Gita Harmoni–Pramusti Bali, dan lainnya. “Saya memang selalu berupaya menyempatkan diri untuk dapat tampil dalam berbagai pentas musik di Bali supaya dapat menyapa penggemar, terutama para pencinta musik Bali. Ya, agar bisa lebih dekat dan sekaligus dapat menjaga hubungan kekeluargaan sebagai warga masyarakat Bali tentunya,” ujarnya.

Proses rekaman single terbarunya ini dilakukan di Sila Home Studio dan diproduksi di bawah bendera Jayagiri Production. Single ini juga telah dilengkapi video klip berdurasi 3 menit 55 detik. Bahkan telah disebarluaskan melalui jejaring sosial berbagi gambar, Youtube.

Penggarapan video klip ini berlangsung selama sepekan dan mengambil lokasi syuting seperti Kampus Unud dan Kedai Gede Bagus. Melibatkan sejumlah pemeran atau model klip di antaranya Lestari, Cakra, Yuda, Nina, dan lainnya. Menariknya, video klip ini dikemas dalam drama musikal yang diperagakan oleh orang lain, sedangkan grup bandnya tidak terlibat secara langsung, melainkan tetap sebagai pemain musik yang sedang tampil nge-band di atas panggung.

Sedangkan, pemilihan nama grup band GEDE, karena memang secara kebetulan seluruh personilnya merupakan anak pertama. Awalnya, memang ada beberapa alternatif seperti Wayan, Putu, dan Gede. Tapi, setelah melalui berbagai pertimbangan agar familiar dan memiliki kesan unik sekaligus mudah dikenal khalayak publik akhirnya diputuskan memakai nama GEDE. “Saya hanya berharap semoga single I Love You ini nantinya dapat diterima khalayak publik, khususnya para pencinta musik di Bali,” harapnya.

Baca Juga :
DPP Partai Berkarya ambil tindakan tegas terkait gejolak internal

Produser Jayagiri Production, Rahman, mengatakan bahwa awalnya memang grup band GEDE yang dimotori oleh Gede Bagus ini ingin merilis album utuh atau full album. Tapi, dengan melihat kondisi industri musik saat ini yang cenderung stagnan dan relatif sulit akibat maraknya aksi pembajakan, akhirnya diputuskan untuk merilis single saja. Apalagi, memang saat ini sebagian besar penyanyi ataupun grup band tampil di publik dengan merilis single dibandingkan album utuh.

Menurutnya, sebagai media promosi pihaknya akan menggunakan media cetak dan elektronik lokal di Bali, seperti Nirwana TV, BMCTV, TVRI Bali, Dewata TV, serta Radio, dan melalui sosial media I-Tunes, serta lain sebagainya. “Semoga dengan begitu single I Love You dari grup band GEDE ini dapat dinikmati para panggemarnya di seluruh Bali, termasuk secara nasional dan dunia,” tegasnya.

Diharapkan, dengan single ini nantinya keinginan Gede Bagus dapat berpartisipasi aktif dalam mengembangkan denyut nadi kehidupan blantika musik mebasa Bali sekaligus menyapa para penggemarnya secara lebih dekat dapat tercapai sesuai harapan.

“Saya harap langkah awal ini nantinya dapat memberi angin segar bagi geliat denyut nadi blantika musik Bali agar semakin bergeming. Kiprah Gede Bagus di dunia tarik suara pun semakin lengkap serta mampu menggugah apresiasi positif para pencipta musik di Bali ke depannya,” harapnya. WB-MB