Mangupura (Metrobali.com)-

Mengawali kerja pertama setelah mengikuti pendidikan di Harvard Kennedy School Amerika Serikat, Bupati Badung A.A. Gde Agung langsung menerima tim sosialisasi SPIP yang dipimpin Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Mirawati Sudjono dan didampingi Wakil Bupati Badung Ketut Sudikerta, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika serta Inspektur Kabupaten Badung Wisnu Bawa Temaja di ruang kerja Bupati Badung Senin (15/10).

Dalam pertemuan tersebut Mirawati Sudjono menyampaikan akan memberikan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Peningkatan Kapabilitas Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan Fraud Control Plan untuk seluruh kepala SKPD di Pemerintahan Kabupaten Badung dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, transparan dan akuntabel serta bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan yang diinginkan baik meliputi pelaporan keuangan, pengamanan aset maupun kepatuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bupati Badung Gde Agung sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap  pelaksanaan sosialisasi tersebut dimana  tahun 2011 Badung memperoleh Opini Wajar Tanpa Perkecualian (WTP) dari BPK RI serta Kabupaten Badung dan  Gianyar telah diresmikan sebagai  kabupaten percontohan  pilot project SPIP pada tanggal 6 Juli 2012.

Lebih lanjut Gde Agung berharap agar eksistensi tuntunan, bimbingan serta arahan dari BPKP ini dapat dipahami oleh seluruh SKPD di Badung sehingga dapat meningkatkan komitmen dalam menginplementasikan SPIP  yang akhirnya  mampu terciptanya kinerja pemerintahan secara transparan dan akuntabel.

Selesai diterima Bupati Badung dilanjutkan dengan pelaksanaan sosialisasi di Ruang Kertha Gosana Puspem Kabupaten Badung yang dihadiri Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Bupati Badung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta menekankan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) ini terdapat 10 isu penting yang harus mendapatkan perhatian secara serius dan dilaksanakan secara berkelanjutan diantaranya tata kelola keuangan daerah, pelayanan public,  kelembagaan .

Baca Juga :
Buntut Protes Rusuh, Ulama Terkemuka Irak Serukan Pemerintah Mundur

Sementara itu disela-sela kegiatan Inspektur Kabupaten Badung Wisnu Bawa Temaja mengungkapkan Badung siap membentuk Forum Inspektur se-Provinsi Bali yang bertujuan untuk menyamakan langkah-langkah dalam melaksanakan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Peningkatan Kapabilitas Aparatur   Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan Fraud Control Plan. Rencana pembentukan ini akan dilaksanakan di Hotel Puri Saron  dari tanggal 18 s/d 19 Oktober 2012 dan dihadiri Inspektur se-Provinsi Bali. IKA-MB