Foto: Acara seremonial pengumuman dan penyerahan riset grant dilaksanakan secara online pada hari Rabu, 16 Maret 2021.

Denpasar (Metrobali.com)-

Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana kembali membuktikan eksistensinya sebagai salah satu fakultas terbaik di bidang kelautan dan perikanan melalui salah satu dosennya yang berprestasi. Adalah Dr. Pande Gde Sasmita Julyantoro, S.Si, M.Si yang memperoleh pendanaan penelitian dalam skema Science and Technology Research Grant (STRG) dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) 2022. Berdasarkan penilaian dari Komite Seleksi, proposal penelitian Dr. Pande yang berjudul The Potency of Bacillus spp. to degrade AHPND toxin protein of aquaculture pathogenic Vibrio parahamolyticus, terseleksi bersama 18 proposal lainnya dari total sekitar 400 proposal yang masuk dalam skema STRG ITSF 2022 baik dari Universitas maupun lembaga riset seluruh Indoensia.

Acara seremonial pengumuman dan penyerahan riset grant dilaksanakan secara online pada hari Rabu 16 Maret 2021 yang lalu, dihadiri oleh Board of Director ITSF, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kepala BRIN, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia yang memberikan sambutan sekaligus ucapan selamat kepada semua penerima dana penelitian dari ITSF tahun ini.

Ajang ini merupakan event ke-28 yang diselenggarakan setahun sekali oleh ITSF yang bertujuan untuk berkontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan sains dan teknologi di Indonesia. Keberadaan sumber dana penelitian seperti ITSF yang merupakan perusahaan Jepang ini berperan penting di tengah terbatasnya dana PNBP negara yang dialokasikan untuk mendanai riset di perguruan tinggi. Hasil riset ITSF ini umumnya terekognisi dengan baik di level internasional, sehingga juga menunjang pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) terutama IKU  5.

Baca Juga :
Sing Main-Main!!! Gubernur Koster Targetkan Bali Jadi Provinsi Pertama Bebas Covid-19

“Saya berharap melalui pendanaan riset ini, kami dapat memberikan sumbangsih melalui karya dalam bentuk penelitian dan studi ilmiah dalam rangka untuk memajukan dan meningkatkan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang kelautan dan perikanan,” Tutup Dr. Pande Sasmita, yang juga menjabat sebagai Wakil Dekan II pada Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud. (rls)

Sumber: http://www.unud.ac.id