OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Denpasar (Metrobali.com)-

Kerajinan dari Bali memenuhi pasar mancanegara, baik yang dikirim oleh para pengrajin maupun dibeli langsung oleh wisatawan asing.

“Hal itu mengindikasikan kerajinan Bali sangat diminati kalangan konsumen luar negeri,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Panusunan Siregar di Denpasar, Rabu (18/2).

Wisatawan domestik pun juga sering membeli kerajinan dari Bali.

Produk kerajinan Bali pada triwulan IV/2014 tumbuh sebesar 8,67 persen, sedangkan triwulan sebelumnya hanya tumbuh 3,21 persen.

Dari 15 jenis usaha industri skala rumah tangga yang berkembang di Bali, kerajinan memberikan kontribusi utama yang mencatat pertumbuhan positif tertinggi di atas 10 persen.

Perkembangan yang cukup signifikan itu antara lain dialami usaha industri barang logam, bukan mesin dan peralatan tumbuh 15,19 persen serta percetakan dan reproduksi barang rekaman 14,96 persen.

Selain itu juga industri barang galian bukan logam tumbuh sebesar 12,98 persen, industri pengolahan lainnya 12,59 persen serta industri pakaian jadi 11,99 persen.

Panasunan Siregar menyebutkan lima jenis industri yang mengalami kontraksi (pertumbuhan negatif) meliputi industri minuman -13 persen, jasa reparasi dan pemasangan mesin -10,95 persen, industri furnitur 3,35 persen, industri farmasi -2,18 persen serta industri kertas dan barang dari keras -1,61 persen. AN-MB

Baca Juga :
Umat Muslim Amankan Perayaan Natal di Ternate