Jakarta, (Metrobali.com)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) akan diturunkan secara penuh sesuai formasi 17-8-45 dalam Upacara HUT Ke-77 RI di halaman Istana Merdeka pada Rabu, 17 Agustus 2022.

“Semua pasukan penuh 17-8-45 kita mainkan. Selama latihan pakai masker, dan Hari ‘H’ pakai masker,” kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Heru mengatakan pada Jumat ini, para peserta Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka sudah melakukan latihan langsung di Istana. Kemudian pada Sabtu (13/8) akan digelar gladi kotor pertama upacara. Pada esok pula, seluruh peserta dari Paskibraka, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan juga prajurit dari tiga matra TNI akan hadir dan berlatih bersama.

Kemudian, pada Senin (15/8) Istana akan melakukan gladi bersih. “Mulai besok sudah ada latihan menyamakan waktu detik-detik untuk fly pass karena kita kunci di detik-detik proklamasi ada jam-nya, menit-nya, detik-nya,” tutur Heru.

Fly pass merupakan atraksi yang dilakukan sejumlah pesawat tempur milik TNI AU saat menjelang peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka.

“Untuk fly pass, dari Angkatan Udara (AU) dikerahkan penuh. tetapi ada peragaan Helikopter nanti lintas dari AU, Angkatan Laut (AL), Polri dan lainnya itu juga mungkin ada 6-8 helikopter,” ujar Heru.

Dalam puncak peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022, Istana Kepresidenan akan melakukan dua kali upacara yaitu upacara kenaikan bendera Merah Putih yang rangkaiannya dimulai pada pukul 09.45 WIB dengan mengundang sekitar 1.000-2.000 warga untuk menyaksikan langsung di Istana Merdeka.

Kemudian, pada sore hari mulai sekitar pukul 15.00 WIB, Istana akan melangsungkan upacara penurunan bendera Merah Putih dengan sekitar 3.000 masyarakat yang dapat mengikuti langsung.

Baca Juga :
Pemuda Bali Bersatu [PBB] Menggelar "Sunrise Running"

Tahun ini merupakan yang pertama kalinya sejak pandemi COVID-19, Istana Kepresidenan menggelar secara terbuka Upacara HUT Kemerdekaan dengan mengundang langsung masyarakat.

Heru memastikan Istana Kepresidenan akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat menggelar Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

“Harus menggunakan masker, minimal tes negatif antigen, sudah mendapat vaksin booster dan mengikuti aplikasi PeduliLindungi. Itu daftar syarat pertama untuk turut hadir di Istana,” ujarnya.

Sumber : Antara